TERBENTUK - PANITIA PEMILIHAN BPD DESA TLOGOREJO

Sosialisasi dan Rapat Pembentukan Panitia BPD Desa Tlogorejo


Pati, RadarMuria.Com
Menjelang berakhirnya masa kerja BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Desa Tlogorejo Kecamatan Tlogowungu pada Oktober mendatang, maka pemerintah desa setempat membentuk Panitia Pemilihan BPD.

Rapat pembentukan panitia berlangsung pada Senin malam (16/9) di Balai Desa Tlogorejo, menghadirkan lembaga desa dan tokoh masyarakat setempat.

Acara sekaligus sosialisasi tentang peran dan fungsi BPD itu, juga dihadiri Camat beserta staf, Danramil dan Kapolsek Tlogowungu.

Dalam sambutan, Camat Tlogowungu Jabir, meminta agar panitia terpilih dapat melaksanakan tugas sebaik - baiknya.

"Panitia dalam menjalankan tugas dan fungsinya nanti harus sesuai mekanisme yang ada", ujar Jabir.

Ia juga mengingatkan, bahwa BPD adalah lembaga yang mewakili  masyarakat dalam penyampaian aspirasi kepada pemerintah desa.

"BPD adalah mitra kerja pemerintah desa sesuai yang diatur dalam Perda Nomor 8 Tahun 2014. Jangan lantas nanti menimbulkan perbedaan persepsi dan tidak sinergi", tambah Jabir.

Kepala Desa Tlogorejo Iriana Dwi Nurani

Kepala Desa Tlogorejo Iriana Dwi Nurani mengatakan, rapat diselenggarakan dalam rangka pembentukan panitia pemilihan BPD.

"Malam ini kami selenggarakan rapat pembentukan panitia pemilihan BPD. Hal itu karena BPD saat ini akan berakhir pada 19 Oktober mendatang", terang Iriana.

Ia berharap, panitia dapat bekerja secara baik hingga BPD terbentuk.

Selama 2 periode (2008 - 2014 dan 2015 - 2021) menjabat Kepala Desa Tlogorejo, telah banyak program pembangunan yang dilaksanakan oleh Iriana. 

Antara lain, infrastruktur dan pemberdayaan lembaga desa dan masyarakat.

"Itu semua demi Tlogorejo lebih maju dan masyarakat lebih sejahtera", terang Iriana.

Ia juga mengungkapkan,  pembangunan desa yang dibeayai oleh Dana Desa (DD) dan ADD serta anggaran lain, dilaksanakan secara transparan dan akuntabel.

Lembaga Desa dan Tokoh Masyarakat

Pada kesempatan itu, setelah musyawarah mufakat, selanjutnya  Iriana mengumumkan terbentuknya panitia pemilihan BPD, terdiri atas Ketua Sugiharno, BA, Wakil Ketua HMF. Setyo Utomo, Sekretaris Wiji Susilo  dan Bendahara Hartono serta seksi - seksi.

Seksi Penjaringan dan Penyaringan Kiswono (perangkat desa) dengan anggota H. Sudarmo (Ketua Rw. 01), Sumarno (Ketua Rw. 02), Totok Mujiarto (Ketua Rw. 03).

Seksi Perlengkapan Ponco Leksono (perangkat desa). Seksi Keamanan Karnoto (perangkat desa). Seksi Konsumsi Ari Wijayanti (perangkat desa).

Ketua terpilih Sugiharno menyampaikan, bahwa panitia akan menjalankan tugas sesuai amanat dan akan bersikap netral dan independen.

"Kami akan menjaga netralitas dan independensi dalam pemilihan BPD", tegas Sugiharno.

Dan dalam waktu dekat, pihaknya akan segera melaksanakan kegiatan pemilihan BPD, yang berjumlah 9 orang. Jumlah itu sesuai dengan ketentuan, karena penduduk Desa Tlogorejo lebih dari 4 ribu jiwa.

Masing - masing Rw mendapat kuota calon anggota BPD, yaitu Rw. 01 jumlah tiga orang, Rw. 02 - dua orang, Rw. 03  -  tiga orang dan Rw. 04 -  satu orang.

Hingga berakhir, acara berjalan tertib, aman dan kondusif.

RM. Usman
Totok Mujiarto

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.