KEJUARAAN RENANG BUPATI PATI CUP VIII/2019 - MENJARING MINAT DAN BAKAT

Bibit - Bibit Atlet Renang Berprestasi 

Pati, RadarMuria.Com
Untuk menjaring minat dan bakat renang dikalangan para penggemar olahraga renang, digelar Kejuaran Renang Bupati  Cup ke - 8 Tahun 2019 Kabupaten Pati.

Kejuaran memperebutkan Piala Bupati Pati itu, dibuka oleh Wakil Bupati Saiful Arifin,  pada Minggu (22/9) bertempat  di Kolam Renang Ambang Margorejo Kecamatan Wedarijaksa.

Hadir, Pejabat Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pati, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati Drs. Sariyono, Pengurus PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) Kabupaten Pati, Camat dan Danramil Wedarijaksa serta Kapolsek Trangkil/Wedarijaksa.


Wakil Bupati Saiful Arifin, dalam sambutan mengatakan Pemerintah Kabupaten Pati berkomitmen melakukan pembinaan olahraga dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia.

"Melalui kejuaraan ini diharapkan tumbuh bibit - bibit baru atlet renang yang mampu berprestasi dan bisa membawa dan mewakili Pati pada event - event daerah, nasional dan internasional", terang Saiful Arifin.

Menurut Saiful Arifin, olah raga yang ditekuni dan berhasil meraih prestasi, bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang layak bagi atlet.

Oleh karena itu, ia berharap, pembinaan olahraga tidak hanya mengandalkan Pemerintah Kabupaten Pati, namun harus ada peran serta swasta.

"Jadi pembinaan olahraga tidak hanya dari pemerintah, namun swasta atau pengusaha juga dapat berperan mengembangkannya", lanjutnya. 

Seandainya saja, sebut Saiful Arifin, ada satu pengusaha atau perusahaan yang menjadi bapak asuh terhadap suatu cabang olahraga, maka perkembangan olahraga akan semakin baik.

"Tiap - tiap cabang olahraga, satu saja yang bersedia menjadi bapak asuh, maka akan luar biasa perkembangan olahraga", tegasnya.


Ketua Panitia Penyelenggara Kejuaran Renang Bupati Cup VIII/2019, Basuki mengatakan, tujuan event ini adalah upaya menarik minat dan bakat renang sekaligus evaluasi atas kinerja dan pembinaan renang, sebagai titik tolak pembinaan selanjutnya.

"Ini event rutin yang digelar setiap tahun dan semoga nanti tumbuh bibit - bibit baru di Kabupaten Pati yang berprestasi", terang Basuki yang juga Pengurus PRSI Kabupaten Pati.

Peserta terdiri atas pelajar TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK dan MA se - Kabupaten Pati dan dari Kabupaten Kudus, Jepara, Rembang , Blora serta Grobogan.

Jumlah peserta mencapai 374 orang dan jumlah nomor yang diperlombakan   sebanyak 1665 yang terbagi menjadi 86 acara.

Peserta juga terbagi dalam 5 kelompok, yaitu KU (Kelompok Umur) II usia 14 - 15 tahun. KU III 12 - 13 tahun, KU IV 10 - 11 tahun dan KU V 8 - 9 tahun serta KU VI (Pemula) usia 7 tahun ke bawah.

Adapun sumber dana kegiatan tersebut berasal dari Pemerintah Kabupaten Pati dan sumbangan donatur yang tidak mengikat.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.