DINILAI LEBIH UNGGUL - INPARI 32 DAN SUNGGAL DIAJUKAN SERTIFIKASI

Kepala UPTD Agus Tjahyono (kanan) dan Pengawas PBT Ir. Joko Sri Santosa (kiri) Saat Pengambilan Sampel Benih Padi Inpari 32 dan Sunggal


Pati, RadarMuria.Com
Dinas Pertanian Kabupaten Pati melalui UPTD Balai Benih Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan mengajukan sertifikasi terhadap benih padi jenis Inpari 32 dan Sunggal ke BPSB (Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih) Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Tengah.

Kepala UPTD Agus Tjahyono Budi Darmanto mengatakan,  pihaknya saat ini sedang mengajukan 2 varietas benih padi untuk diuji laboratorium dan disertifikasi.

"Ada 2 varietas yang kami ajukan, yaitu Inpari 32 dan Sunggal", terang Agus di kantor UPTD Jalan Kembang Joyo Pati, Senin (4/11).

Pengajuan 2 varietas baru tersebut karena dinilai lebih unggul dibandingkan varietas benih padi yang lain, sehingga akan lebih menguntungkan petani.

Inpari 32 mempunyai keunggulan antara lain  produksi lebih tinggi, tahan terhadap serangan penyakit dan rasa nasi lebih enak, dengan masa tanam 120 hari.

Sedangkan varietas Sunggal, keunggulannya meliputi produksi lebih tinggi, fisik tanaman lebih pendek dan agak keras, tahan penyakit dan masa tanam lebih pendek yaitu 110 hari.

Adapun jumlah yang diajukan atas kedua varietas itu adalah sebanyak 4 ton gabah kering, hasil panen 8 September 2019 seluas 0.3 hektare.

Agus juga menjelaskan bahwa pengajuan sertifikasi benih padi itu adalah kali pertama di Kabupaten Pati.

"Ini yang kali pertama dan kami berharap akan lulus uji sehingga dapat diedarkan kepada petani atau masyarakat", harap Agus.

Benih padi yang telah bersertifikasi, lanjutnya, akan dilakukan pengepakan 5 kiloan dan diberi label registrasi lulus uji dengan merk dagang UPTD Balai Benih Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Pati.


Kantor UPTD Balai Benih Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Dispertan Kabupaten Pati 

Sementara itu, pengawas dan peneliti pada Pos Pengawas Benih dan Tanaman (PBT) Wilayah Pati Ir. Joko Sri Santosa usai pengambilan sampel benih, kepada RadarMuria.Com menjelaskan, pengujian benih varietas Inpari 32 dan Sunggal akan dilakukan di laboratorium BPSB Jawa Tengah di Surakarta. 

"Uji laboratorium meliputi kadar air, kemurnian, daya perkecembahan, keseragaman dan tingkat kesehatan benih ", jelas Joko.

Namun sebelum uji itu, tambahnya, harus dilakukan prosesing awal yaitu membikin staple (pengelompokan)  dan pembentukan lot, sesuai aturan.

Juga, lanjut Joko, dilakukan penghitungan atau penimbangan jumlah tonase dan berat per zak.

"Setelah itu kita ambil sampel dan dilakukan pengujian. Kira - kira 10 hari waktu yang diperlukan", terang Joko Sri Santosa.

Benih atau bibit bersetifikat akan menjamin mutu tanaman dapat tumbuh dengan baik dan maksimal hasilnya.

(RM. Usman)

2 komentar:

  1. SAYA MENYAMBUT ANDA SEMUA DI HALAMAN INI
    INI CERITAKU

    Saya MURNI SANTI, Seorang wanita, ibu, saudara perempuan dan teman dari (Bekasi), Indonesia, saya adalah REAL ESTATE MANAGER dan saya telah mengalami banyak tekanan keuangan akhir-akhir ini, tidak ada yang mau meminjam kami uang untuk menyelesaikan proyek komersial kami yang telah dibangun beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa perusahaan peminjaman palsu yang mengklaim sejumlah besar uang dari saya tanpa kami tidak menerima pinjaman.

    Saya frustrasi, suami saya mencoba yang terbaik dan membantu, saya akan bunuh diri karena rasa sakit itu, itu terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan semua harapan, sampai saya diperkenalkan dengan SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL sebuah perusahaan pinjaman yang disponsori oleh bank dunia itu sendiri.

    Saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dan memang menghubungi perusahaan, petugas bagian pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan mengatakan kepada saya untuk tidak khawatir perusahaan akan meminjamkan uang kepada saya, bahkan ketika jumlah yang saya butuhkan sangat besar, dan semua yang bisa saya berikan kepada mereka persyaratan yang merupakan beberapa informasi pribadi, yang saya lakukan.

    Saya menjalani semua proses, mereka berjanji untuk meminjamkan uang yang saya minta setelah mengonfirmasi bahwa saya memenuhi syarat untuk pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang sangat mengejutkan saya adalah pinjaman masuk ke akun saya dan saya mengkonfirmasinya .. Perusahaan kembali secara finansial dan keluarga saya baik-baik saja, ini membuat hidup saya lebih baik, saya bersyukur kepada Allah dan kepada SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

    UNTUK MENGHUBUNGI KU
    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com. Perusahaan
    Whatsapp: +1(301)971-4445
    Nama Saya: MURNI SANTI
    Email Saya: murnisanti55@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Halo semuanya

    Nama saya Ahamad Faudzi Abd dari MALAYSIA. Saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada hal baik yang bisa keluar dari transaksi online tetapi semua keraguan saya segera hilang dan hilang ketika teman saya pertama kali memperkenalkan saya ke perusahaan ALL GLOBAL HADIAH PINJAMAN, saya pikir itu akan tetap menjadi permainan curang yang sama, tetapi teman saya meyakinkan saya, dan saya juga melihat kesaksian orang lain, saya harus memaksakan diri untuk mengikuti semua proses, pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan, saya mendapat pinjaman RM 5.000.000 di rekening bank MUAMALAT saya Ketika saya diberitahu di telepon saya, saya tidak pernah percaya, ternyata saya bergegas ke bank untuk memastikan bahwa itu benar dan nyata, dan pinjaman itu ada di akun, saya menariknya tanpa komplikasi dan menginvestasikannya dalam bisnis saya Venture.

    Jika Anda menginginkan pinjaman hari ini untuk bisnis dan untuk memulai kehidupan, perusahaan, dan kontrak besar Anda, Silakan hubungi SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL di email mereka di bawah ini.
    Email ............. allglobalgrantloan@gmail.com

    Dan jika Anda menginginkan informasi yang benar dari saya, maka Anda dapat menghubungi saya di email pribadi saya (aahamadfaudziabdlatif5@gmail.com)

    Saya adalah seorang PENGEMUDI TRUK biasa, tetapi sekarang saya memiliki TRUK dan saya menjadi pemasok besar, saya jamin semua bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman dari PERUSAHAAN yang baik ini.

    PERUSAHAAN: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBALmail: allglobalgrantloan@gmail.com
    Telp ............. +1(301)971-4445
    e_mail .......... [aahamadfaudziabdlatif5@gmail.com]

    ReplyDelete

Powered by Blogger.