PERAN TP PKK DALAM PENANGANAN STUNTING DI KABUPATEN PATI


Ketua TP PKK Kabupaten Pati Dra. Hj. Musus Haryanto

Pati, RadarMuria.Com
Penanganan stunting dan buang air besar sembarangan yang masih terjadi di masyarakat, tidak luput dari perhatian Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Pati.

Maka bersinergi dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, TP PKK  Kabupaten Pati mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Stunting dan BAB Sembarangan, bertempat di Aula Gedung TP PKK Jalan RA Kartini Pati, Jumat (15/11).

Sekretaris Daerah Kabupaten Pati Ir. Suharyono mewakili Bupati Pati pada pembukaan rakor mengatakan, penuntasan masalah stunting tidak terlepas dari peran TP PKK.  

"PKK diharapkan dapat bekerjasama dan membantu menuntaskan stunting di Kabupaten Pati. Yaitu dengan cara sosialisasi ke seluruh masyarakat. Termasuk Program Bebas BAB Sembarangan yang harus selesai pada 2020", terang Suharyono.

Stunting, menurut Sekda, dapat diselesaikan dengan berbagai cara, antara lain peningkatan gizi dan pemberian yodium.

"Kami juga akan mengatur regulasi Dana Desa untuk penanganan stunting, termasuk penggunaan dana APBD", tambah Sekda Suharyono.




Ketua TP PKK Kabupaten Pati Dra. Hj. Musus Indarnani Haryanto dalam sambutan menerangkan, bahwa Rakor ini diselenggarakan dalam rangka penyusunan Program Kerja PKK Tahun 2020, yang merupakan sinergi program antara TP PKK dengan OPD terkait.

"Mari kita bersama - sama bertukar pikiran membahas Program PKK bersingkronisasi dengan visi misi Bupati Pati melalui program - program yang ada di OPD terkait", terang Hj. Musus Indarnani.

Beberapa agenda TP PKK juga mengemuka, antara lain Lomba PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) Tahun 2020, yang merupakan program kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pati.

"Kemudian Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes pada 2021, bekerjasama dengan Dinas Sosial. Berikutnya, Lomba Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu bekerjasama dengan Dispermades Kabupaten Pati", jelasnya.

Istri Bupati Pati itu juga meminta dukungan kepada OPD terkait agar lomba - lomba tersebut meraih hasil maksimal.

Terkait Lomba PHBS, tahun ini,  Kabupaten Pati berhasil meraih juara tiga Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Desa Gadingrejo Kecamatan Juwana. 

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.