TIM GUGUS TUGAS COVID-19 KECAMATAN CLUWAK TINDAK 91 PELANGGAR DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN

Camat Cluwak Luky Pratugas Narimo, SSTP; MM selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan memberi sosialisasi Perbup Pati Nomor 49 Tahun 2020, langsung kepada masyarakat.


Pati, RadarMuria.Com - Kegiatan penegakan disiplin protokol kesehatan yang digelar Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Cluwak, berhasil menindak 91 pelanggar, di Pasar Ngablak, Jumat (28/8) pagi ini.

Tim Gugus Tugas Covid-19 yang dipimpin Camat Cluwak Luky Pratugas Narimo itu melibatkan Kapolsek beserta 6 anggota, Danramil beserta 6 anggota dan 8 personel kecamatan serta 3 petugas Puskesmas, seluruhnya berjumlah 26 orang.

Terbagi dalam 3 tim, yaitu Tim Razia terdiri atas 4 personel dari Polsek, Koramil Kecamatan dan Puskesmas.

Tim Razia bertugas merazia setiap pedagang dan pengunjung pasar yang kedapatan tidak memakai masker. 

Pelanggar kemudian diminta menunjukkan KTP / SIM, selanjutnya diserahkan kepada petugas pendataan yang sudah siap di lokasi.

Tim Pembinaan, terdiri atas 3 personel dari Polsek, Koramil dan Kecamatan yang bertugas melakukan pembinaan kepada pelanggar dengan memberikan sosialisasi Perbup Pati Nomor 49 Tahun 2020 tentang Pedoman Menuju Tatanan Normal Baru Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Pati.

Sesuai perbup itu, para pelanggar dibariskan dan diberikan sanksi sosial menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara bersama - sama (koor).

Tim Pendataan, terdiri atas 3 personel masing - masing dari Polsek, Koramil dan Kecamatan serta Puskesmas, yang bertugas melakukan pendataan terhadap para pelanggar disiplin protokol kesehatan.

Tim mencatat nama, alamat dan NIK pelanggar sesuai data KTP yang bersangkutan.

Sebelumnya, kegiatan diawali arahan Camat Cluwak selaku Ketua Tim Gugus Tugas, pukul 07.15 WIB, di halaman kantor kecamatan setempat. Pukul 08.30 WIB tim bergerak menuju sasaran dan langsung melakukan kegiatan hingga pukul 09.00 WIB dengan keadaan aman, lancar, tertib dan kondusif.

Usai dilakukannya pendisiplinan itu, para pelanggar dipersilakan mengambil kembali KTP / SIM di petugas pendataan, selanjutnya dibagikan masker gratis oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Cluwak.

Camat Cluwak, Luky mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan memberikan sosialisasi Perbup Pati Nomor 49 Tahun 2020, secara langsung kepada masyarakat.

"Sekaligus menerapkan sanksi kepada masyarakat yang masih belum sadar pentingnya menggunakan masker dimasa pandemi Covid-19", terang Luky kepada RadarMuria.

Walaupun tidak menerapkan target, lanjutnya, kegiatan itu diharapkan dapat menekan dan memutus mata rantai penyebaran virus corona, khususnya di wilayah Kecamatan Cluwak.

"Sehingga, mereka dari golongan ini (pelanggar) bisa sadar untuk menggunakan masker dan disiplin menerapkan protokol kesehatan", pungkas Camat Luky. 

(RM. Usman)


0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.