DANDIM 0718/PATI RESMIKAN PENGGUNAAN JARINGAN INTERNET DI DUKUH MOROTOKO

Dandim 0718/Pati Letkol CZi Adi Ilham Zamani berdialog dengan siswa SD saat pembelajaran daring.


Pati, RadarMuria.Com - Komandan Kodim 0718/Pati Letkol ZCi Adi Ilham Zamani meresmikan penggunaan jaringan internet / wifi di Dukuh Morotoko Desa Watesaji Kecamatan Pucakwangi, Sabtu (8/8).

Kegiatan itu dalam rangka bakti sosial yang digelar Kodim Pati untuk membantu para siswa di dukuh tersebut guna mendukung proses belajar daring.

Dengan tersambungnya jaringan internet itu, sistem pembelajaran daring menjadi lebih mudah karena akses yang terjangkau. 

Sebelumnya, anak - anak di Dukuh Morotoko kesulitan belajar daring karena keterbatasan jaringan dan kuota internet. Ditambah lagi, lokasi di wilayah itu yang terpencil dikelilingi hutan dan perbukitan.

Dandim Letkol Adi mengatakan, pandemi Covid-19 selama 5 bulan terakhir ini sangat berdampak diberbagai sektor, termasuk dunia pendidikan mulai SD hingga perguruan tinggi.

Berkat bantuan wifi dari Kodim Pati, kini siswa SDN Lumbungmas dari Dukuh Morotoko dapat mengikuti pembelajaran daring dengan lancar

Sehingga, lanjut Dandim, atas kondisi itu diterapkanlah kebijakan pembelajaran online guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.  

"Namun, ini semua dibutuhkan sarana dan prasarana pendukung seperti ketersediaan jaringan internet secara umum maupun individu", terang Letkol Adi.

Akan tetapi, karena tidak semua wilayah memiliki jaringan internet akibat letaknya yang jauh atau terpencil, maka akan mempengaruhi proses pembelajaran secara daring.

"Dengan adanya program bantuan wifi dari Kodim ini kita bisa membantu adik - adik dalam pembelajaran daring", lanjutnya.

Dandim menyebut, bantuan serupa juga akan diberikan untuk wilayah lain yang terkendala jaringan internet.

"Nanti tinggal menunggu laporan dari Babinsa dan Danramil di seluruh jajaran, yang wilayahnya mengalami kesulitan mengakses internet. In sya Allah akan kami dukung", ungkap Dandim.

Kepala SD Lumbungmas 02 Kecamatan Pucakwangi, Sutopo, menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi bantuan wifi yang diberikan Kodim Pati.

Walaupun bantuan wifi itu untuk Dukuh Morotoko yang merupakan wilayah di luar Desa Lumbungmas, lanjut Sutopo, namun yang menikmati adalah anak - anak didiknya.

"Karena kebanyakan yang sekolah di SDN Lumbungmas 02 adalah anak - anak dari Morotoko. Jaraknya lebih dekat dibandingkan harus sekolah di SD Watesaji yang menempuh perjalanan sejauh 8 kilometer melewati hutan dan perbukitan", jelas Sutopo.

Adanya bantuan itu, dia menilai, sangat bermanfaat bagi anak - anak karena kini mudah mendapatkan sinyal, mendukung pembelajaran secara daring.

(RM. Usman : Snpt/Pendim)

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.