HARI PRAMUKA, BUPATI PATI AJAK KUATKAN SOLIDARITAS DAN GOTONG ROYONG TANGGULANGI COVID-19

Bupati H. Haryanto selaku Ka Mabicab Pati menyampaikan amanat pada Upacara Hari Pramuka 2020, 14 Agustus.


Pati, RadarMuria.Com - Memperingati Hari Pramuka 14 Agustus, Bupati Pati mengajak Gerakan Pramuka untuk menguatkan solidaritas dan gotong royong dalam penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Pati.

Hal itu disampaikan Bupati Haryanto dalam amanat selaku Inspektur Upacara HUT ke-59 Gerakan Pramuka yang dilaksanakan di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Jumat (14/8).

Berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, pelaksanaan upacara Hari Pramuka kali ini lebih sederhana dan terbatas, karena wabah Covid-19.

Hadir mengikuti upacara, Forkopimda dan Ketua Kwarcab Pati serta beberapa pejabat.

"Kita sebagai Pramuka, harus bisa menjadi contoh yang baik, disiplin dan menerapkan protokol kesehatan", lanjut bupati dalam amanat.

Sebagai salah satu wadah bagi generasi bangsa, bupati menilai,  Gerakan Pramuka di Kabupaten Pati sudah cukup bagus perkembangannya dan patut mendapat apresiasi.

"Selaku kepala daerah merasa banyak terbantu dengan penyaluran bansos maupun penyisiran kasus Covid-19 yang dilakukan Gerakan Pramuka", ujar bupati.

Pada kesempatan itu, bupati juga mengapresiasi atas terbentuknya Saka Milineal (Satuan Karya Pramuka Mitra Inovasi dan Literasi) oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Pati.

Atas keberadaan saka tersebut, bupati berharap, dapat membantu pemerintah menyiapkan generasi akan datang untuk menangani teknologi yang ada, khususnya teknologi informasi.

Menurut bupati, di era milineal saat ini, teknologi informasi jika tidak dikendalikan secara benar akan menimbulkan dampak yang berbahaya, khususnya bagi anak - anak. 

Oleh karena itu, kolaborasi antara Kominfo dan Gerakan Pramuka diharapkan dapat menanamkan nilai - nilai pendidikan karakter kepada generasi muda.

"Diawali dari Pramuka ini, menciptakan generasi penerus bangsa yang peduli sosial untuk membantu sama lain", terang Bupati Haryanto yang pada Hari Pramuka 2020, selaku Ketua Mabicab Pati telah menerima anugerah Lencana Melati dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Sedangkan Ketua Kwarcab Pati, Sugiyono, yang juga Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pati menerima anugerah Lencana Dharma Bhakti.

Peringatan ke- 59 Hari Pramuka tahun ini mengusung tema 'Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Covid-19 dan Bela Negara' dengan slogan 'bergerak terdepan'.

(RM. Usman)

----------------------------------------------------------------------



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.