'CLEANING BLITZ' PROGRAM CSR THE SAFIN HOTEL PATI MENJAGA KEBERSIHAN RUMAH IBADAH

General Manager The Safin Hotel Pati 
Udi Martono


Pati, RadarMuria.Com   Kebersihan Pangkal Kesehatan -Kebersihan Sebagian Dari Iman. Demikian bunyi kalimat yang sering kita dengar , menjadi petunjuk bahwa kita harus selalu menjaga kebersihan baik terhadap diri, tempat tinggal, lingkungan dan tempat ibadah.

Peduli terhadap kebersihan tempat ibadah (dalam hal ini masjid), The Safin Hotel Pati melalui CSR (Corporate Social Responsibility) meluncurkan program Resik - Resik Rumah Ibadah.

Diberi nama Cleaning Blitz, tim kebersihan Hotel Safin terdiri atas 10 personel itu, siap melakukan resik - resik masjid di wilayah Kabupaten Pati, mulai ruang ibadah hingga tempat wudlu dan toilet masjid.

"Program ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap kebersihan rumah ibadah. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman", tutur General Manager The Safin Hotel Pati, Udi Martono kepada RadarMuria beberapa waktu lalu.

Udi menyebut, program   resik - resik itu merupakan ide dari owner (pemilik) hotel bintang 3 tersebut, Saiful Arifin, yang juga Wakil Bupati Pati.

"Ide dan gagasan dari bapak, kemudian kami tuangkan melalui program CSR yang kami miliki", tambah Udi.

Dalam melaksankan program resik - resik itu, pihaknya menggandeng Lazisnu dan LTM (Lembaga Takmir Masjid) Kabupaten Pati.

Tim Cleaning Blitz, lanjutnya, bekerja setiap Kamis berdasarkan jadwal dari lembaga sosial keagamaan tersebut.

"Setiap Kamis kami bersihkan masjid, sehingga hari berikutnya saat ibadah sholat Jumat, sudah bersih dan rapi", lanjut Udi, pria asal Yogyakarta itu.

Selain memang untuk menjadikan bersih masjid, ungkap Udi, kegiatan itu juga dimaksudkan untuk memberi pengetahuan tentang cara dan teknik  kebersihan.

"Jadi kami sharing knowledge (berbagi pengetahuan) juga. Yaitu memberi pengetahuan cara membersihkan dengan peralatan dan chemical (kimia) yang digunakan", ungkap Udi.

Menurutnya, membersihkan kotoran, apalagi kerak - kerak yang menempel pada dinding atau lantai, terutama area kamar mandi, membutuhkan teknik tertentu untuk dapat benar - benar bersih.

"Jadi bagaimana cara memutar dan tekanannya serta bahan apa yang digunakan. Karena kami memiliki skill itu, maka kami berikan training kepada pengurus masjid atau masyarakat", ujar Udi.

Dia berharap, program yang dijalankan Hotel Safin itu dapat bermanfaat dan dapat mendorong masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan.

Selain program kebersihan, CSR The Safin Hotel Pati juga disalurkan untuk kegiatan sosial lainnya, baik yang bersifat rutin maupun insidentil.

Misal, santunan anak yatim piatu, donor darah, bakti sosial dan kunjungan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Dharma Pati.

(RM. Usman)

--------------------------------------------------------------------------


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.