HARI INI, KABUPATEN PATI MEMPERINGATI HARI JADI KE-697





Pati, RadarMuria.Com
Hari ini, Jumat Kliwon (7/8), Kabupaten Pati genap berusia 697 tahun.

Berbagai kegiatan digelar untuk memperingati berdirinya kabupaten yang diawal (tahun 1323 M) bernama Kadipaten Pati Pesantenan.

Namun, karena masih ditengah wabah Covid-19, kegiatan atau perayaan hari jadi kali ini, berbeda dibandingkan pada tahun - tahun sebelumnya.



Prosesi ritual tetap digelar dengan kesederhanaan dengan penerapan protokol kesehatan dan tidak banyak mengundang orang, guna menghindari kerumunan.

Rangkaian acara digelar selama tiga hari, dimulai Pagelaran Kethoprak di Pendopo Kemiri Desa Sarirejo Kecamatan Pati pada Rabu (5/8) yang  berdurasi hanya 1 jam, mulai pukul 19.00 WIB,  dengan pembatasan kru pemain maupun penonton.



Pagelaran Kethoprak di tempat tersebut,  digelar secara sederhana dengan maksud tidak menghilangkan tradisi yang sudah berlangsung selama memperingati Hari Jadi Pati.

Berikutnya, pada Kamis (6/8), diselenggarakan webinar HUT ke-75 Republik Indonesia dan Hari Jadi Pati dengan tema 'Kesiapsiagaan Masyarakat Kabupaten Pati dan Menghadapi Tatanan New Normal' dengan pembicara / narasumber Bupati Pati H. Haryanto, di Ruang PCC (Pati Commander Center).

Sorenya, masih di hari yang sama, diadakan tasyakuran di Pendopo Kemiri, pukul 15.30. Diikuti terbatas, terdiri atas Forkopimda dan undangan. 



Selanjutnya, Kamis (6/7) malam, sebagaimana tahun sebelumnya, digelar Rapat Paripurna DPRD diikuti seluruh anggota dewan dan Forkopimda, dengan mengenakan pakaian adat Pati. 

Sedangkan para Kepala OPD, Staf Ahli dan Asisten mengikuti sidang paripurna di Pendopo Kabupaten, secara virtual.

Puncaknya, yaitu Upacara Peringatan Hari Jadi, diselenggarakan hari ini  Jumat (7/8), di Halaman Sekretariat Daerah pukul 07.30 WIB, yang hanya diikuti Forkopimda, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD dan Camat se- Kabupaten Pati.

Setelah upacara, Bupati Pati melakukan ziarah ke makam Adipati Tombronegoro, sebuah tradisi yang tetap dilestarikan.

Hari Jadi Kabupaten Pati tahun ini mengambil tema "Sederhana Tapi Nyata, Bersama Kita Lawan Corona Demi Pati yang Lebih Baik".

(RM. Usman)

-------------------------------------------------------------------------

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.