PAMERAN INOVASI KESEHATAN WARNAI HKN KE-55/2019


Bupati H. Haryanto : Kesehatan Merupakan Hal Penting dan Harus Mendapat Perhatian Masyarakat

Pati, RadarMuria.Com
Memperingati yang ke - 55 HKN (Hari Kesehatan Nasional) Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Dinas Kesehatan menggelar Pameran Inovasi Kesehatan.

Pameran berlangsung pada Rabu dan Kamis (6 - 7/11) bertempat di Halaman Stadion Joyo Kusumo dan secara resmi dibuka oleh Bupati Pati H. Haryanto.

Dalam sambutan, bupati mengatakan, berbagai kegiatan bidang kesehatan dalam rangka memperingati HKN 2019, menunjukkan bahwa kesehatan sangat penting dalam kehidupan dan merupakan hal yang harus mendapat perhatian masyarakat.

"Pameran ini menampilkan berbagai inovasi layanan kesehatan yang diselenggarakan oleh tenaga maupun fasilitas kesehatan yang ada", terang bupati.

Bupati juga menegaskan bahwa untuk hidup sehat, tidak harus dengan minum obat.

"Tapi bisa dengan menerapkan pola hidup sehat, yaitu makan makanan sehat, berolahraga dan lain sebagainya", terang bupati.

Pameran tersebut diharapkan memberi informasi kepada masyarakat dibidang kesehatan, meliputi teknologi dan bentuk pelayanan kesehatan.

Terkait bidang kesehatan, Pemkab Pati pada tahun ini fokus terhadap pencegahan dan penanganan stunting, yaitu suatu kondisi gangguan tumbuh kembang pada anak.

"Telah dialokasikan anggaran yang cukup besar di tahun 2020 mendatang. Sebab ada beberapa dinas terkait yang kita gerakkan untuk menangani permasalahan ini", ungkap  Haryanto.

Ia pun berharap di 2020 nanti, semua telah terintegrasi guna menurunkan angka stunting, yang saat ini dinilai cukup tinggi.

Bahkan, bupati menyebut, pihaknya akan membuat regulasi agar sebagian dari Dana Desa dapat digunakan untuk penanganan dan pencegahan stunting.

"Ada 12 desa yang perlu mendapat intervensi khusus, sedangkan desa lainnya fokus untuk pencegahan", jelas Bupati Haryanto.

Pembukaan Pameran Inovasi Kesehatan 2019 yang juga dihadiri oleh Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan serta Kepala OPD terkait, diikuti oleh seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit serta fasilitas kesehatan lainnya di Kabupaten Pati.

Dimeriahkan hiburan musik dan senam bersama serta pembagian doorprize / hadiah.

(RM. Usman)

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.