NAPAK TILAS MBAH SUMOJOYO - DESA SENDANGREJO GELAR KARNAVAL

Bupati Pati H. Haryanto Bersama Kepala Desa Sendangrejo Sulyanto dan Segenap Panitia Penyelenggara


Pati, RadarMuria.Com
Dalam rangka napak tilas tokoh yang dikenal sebagai cikal bakal Desa Sendangrejo, yaitu Mbah Sumojoyo, warga Desa Sendangrejo Kecamatan Tayu menggelar pawai karnaval keliling desa, Minggu siang (3/11).

Acara itu digelar, sekaligus sebagai peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H /2019.

Bupati Pati H. Haryanto berkenan hadir untuk melepas keberangkatan pawai, yang mengambil start di Petilasan Mbah Sumojoyo turut Rt 04 Rw 04.

Dalam sambutan, Bupati Haryanto berharap, agar masyarakat dapat meneladani  Rasulullah Muhammad SAW dalam kehidupan sehari - hari.

"Dan ini sebagai bentuk penghormatan kepada tokoh atau leluhur sekaligus melestarikan budaya", ujar Bupati Haryanto.


Penampilan Peserta Karnaval Desa Sendangrejo (Minggu, 3/11)

Panitia Penyelenggara Muhtadi mengatakan, kegiatan itu diselenggarakan untuk menghormati keberadaan tokoh dan cikal bakal desa setempat, Mbah Sumojoyo.

Ia menuturkan, bermula ketika pada 1978, sesepuh desa setempat bernama mbah Irham diberi informasi oleh Mbah Madun Pondowan, bahwa ada tokoh Desa Sendangrejo yang patut menjadi teladan dan patut dihormati.

"Selanjutnya Mbah Madun berpesan kepada Mbah Irham, agar pada acara sedekah bumi tidak hanya nanggap wayang dan barongan, tapi juga tahlil dan pengajian Quran", tutur Muhtadi yang juga Kaur Kesra Desa Sendangrejo itu.

Maka, lanjutnya, mulai tahun 2000-an, masyarakat mengadakan doa bersama di petilasan Mbah Sumojoyo, setiap Jumat Kliwon, dengan tahlil dan membaca Al Quran.

"Sekarang banyak warga atau peziarah yang datang ke tempat itu untuk ngalab berkah", ujar Muhtadi. 


Tokoh Masyarakat Desa Sendangrejo / Ketua Umum LPKKP Kabupaten Pati Sj. Soelhadi

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat Sj. Soelhadi mengapresiasi pelaksanaan kegiatan memperingati Mbah Sumojoyo. 

"Mengapresiasi dan ini adalah sesuatu yang baik, guna melestarikan budaya sekaligus memberi hiburan kepada masyarakat", tutur Soelhadi.

Ia pun berharap ke depan, agar pelaksanaan pawai tidak monoton, tetapi perlu ada kreatifitas dan inovasi dalam hal penampilan.

Sehingga, harapannya, event tersebut dapat menarik minat masyarakat lebih besar dan lebih meriah.

"Tentu itu akan dapat menunjukkan bahwa ada tokoh besar di Sendangrejo yang patut kita hormati", tutur Soelhadi yang juga Ketua Umum LPKKP Kabupaten Pati.

Pawai diikuti oleh masing - masing perwakilan dari 22 Rt yang ada di desa tersebut, dengan berbagai penampilan seni dan budaya lokal.

Di sepanjang jalan yang dilalui pawai, masyarakat tampak antusias menonton.

(RM Usman)

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.