PANTAI MINA MANGROVE TUNGGULSARI DITETAPKAN SEBAGAI DESA WISATA KABUPATEN PATI



Pati, RadarMuria.Com
Lokasi wisata pantai di Desa Tunggulsari Kecamatan Tayu yang diberi nama Desa Wisata Mina Mangrove ditetapkan sebagai Desa Wisata Kabupaten Pati.

Penetapan dituangkan dalam Surat Keputusan Bupati Pati Nomor 556/3428 Tahun 2019 tentang Penetapan Desa Tunggulsari Kecamatan Tayu Sebagai Desa Wisata Kabupaten Pati.

Dikeluarkannya surat  keputusan tertanggal 1 November 2019 itu menimbang bahwa Desa Tunggulsari memiliki potensi pengembangan bidang pariwisata, juga dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan dan pemberdayaan masyarakat guna peningkatan ekonomi.

Landscap Pengembangan Wisata Mina Mangrove Desa Tunggulsari

Penetapan itu mendasarkan pada 15 peraturan terdiri atas Undang - Undang, Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Daerah (Perda) baik Provinsi Jawa Tengah maupun Kabupaten Pati.

Adapun pembeayaan pengembangan Desa Wisata Mina Mangrove itu dapat bersumber dari APBN, APBD Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Pati, APBDes dan atau sumber lain yang sah dan tidak mengikat.

Penetapan Wisata Mina Mangrove Desa Tunggulsari secara resmi akan dilakukan oleh Bupati Pati H. Haryanto,  dijadwalkan pada Sabtu (23/11) bertempat di lapangan desa setempat.

Acara itu dipadu menjadi rangkaian kegiatan pertemuan rutin dan sarasehan yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Desa Wisata Jawa Tengah Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, yang dimulai Jumat (22/11) hingga Minggu (24/11).

Tim Inovasi Kabupaten Pati Mengunjungi Wisata Mina Mangrove Desa Tunggulsari (Kamis, 21/11)


Bupati Haryanto juga diagendakan menjadi  narasumber sarasehan yang diikuti oleh Pengurus Desa Wisata Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah beserta Pendamping Dinas Pariwisata, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah, Bappeda dan Komisi B DPRD Jawa Tengah.

Narasumber lain didatangkan dari Desa Wisata Mendak Kabupaten Malang dan Desa Wisata Pujon Kulon Kota Batu Malang.

Dan pada Jumat malam (22/11) nanti, digelar Pati City Night Tour bersama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pati.

Sebagaimana diketahui, Wisata Mina Mangrove Desa Tunggulsari layak menjadi destinasi wisata yang menarik, selain karena daya tarik hutan mangrove, juga sajian kuliner dan kearifan lokalnya.

Beberapa kali meraih penghargaan sebagai desa wisata terinovasi dan masuk nominasi terbaik video inovasi tingkat Provinsi Jawa Tengah.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.