PERESMIAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH / JANJI ANGGOTA BPD BLARU PERIODE 2019 - 2024

Camat Pati M. Budi Prasetya, S. Sos Mengambil Sumpah / Janji Anggota BPD Blaru


Pati, RadarMuria.Com
Badan Permusyawaran Desa ( BPD ) Desa Blaru Kecamatan Pati diresmikan dan diambil sumpah/janji, bertempat di Aula Balai Desa setempat pada Sabtu malam (28/9).

Peresmian dan Pengambilan Sumpah / Janji dilakukan oleh Camat Pati M. Budi Prasetya, S.Sos dengan Surat Keputusan Camat Pati Nomor 141.2/29/2019 Tentang Peresmian Anggota Badan Permusyawaratan Desa Blaru Masa Bakti 2019 - 2024.

Terdapat 7 Anggota  BPD Blaru yang diambil sumpah / janji, masing - masing yaitu Rohma Purdi Hidayah, Imam Sudarto, Juritno, Endang Lestari, Rifai, Sunaryo dan Supar.

Sebelumnya, 7 Anggota BPD tersebut  telah ditetapkan oleh Kepala Desa Blaru Nomor 141.2/12/2019 tentang Penetapan Calon Anggota BPD Blaru Masa Bakti 2019 - 2024.

Camat Pati M. Budi Prasetya dalam sambutan menyampaikan ucapan selamat kepada 7 anggota BPD yang baru saja diresmikan dan diambil sumpah/janji.

"Selamat kepada 7 anggota BPD. Adalah orang terbaik yang terpilih dan dianggap mampu membawa aspirasi masyarakat", ucap Budi Prasetya.



Menurutnya, ada 3 tugas atau fungsi pokok BPD, yaitu legislasi. Artinya, secara bersama - sama dengan pemerintah desa membuat peraturan - peraturan desa.

Kedua, fungsi penganggaran, yaitu bersama - sama pemerintah desa menetapkan dan mengesahkan APBDes.

Dan fungsi pengawasan, yaitu menjalankan pengawasan terhadap kebijakan pemerintah desa secara seimbang dan sejajar.

"Jangan sampai malah menimbulkan kesan berhadap - hadapan. Beri saran dan solusi yang baik agar desa dan masyarakat dapat terjaga ketenteraman", terang Budi.

Lebih lanjut dikatakan, keanggotaan BPD berakhir apabila ada hal - hal yang mendasarinya.

Misal, karena masa bakti berakhir, berhalangan tetap selama 6 bulan berturut - turut dan mengundurkan diri.

Oleh karena itu, Camat  mengingatkan, anggota BPD untuk tidak mengingkari sumpah / janji dan mencederai kepercayaan masyarakat.

Camat juga mengingatkan, agar BPD dalam waktu dekat segera membentuk pengurus dan menyusun tata tertib, agar tugas - tugas yang menanti segera dapat dijalankan.

Di akhir sambutan, Camat Budi menyampaikan apresiasi kepada Panitia dan Pemerintah Desa Blaru atas terselenggaranya pemilihan BPD setempat, yang berjalan dengan baik.

"Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih. Semoga Desa Blaru semakin maju", tutur Budi Prasetya.



Sementara itu, Kepala Desa Blaru Sukarman juga menyampaikan ucapan selamat kepada BPD yang baru dan mengucapkan terima kasih kepada BPD yang lama atas pengabdian selama periode 2013 - 2019.

"Selama ini mungkin ada tingkah laku, tutur kata dan bahasa yang kurang pas, selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Desa Blaru kami mohon maaf sebesar - besarnya", tutur Sukarman.

Dalam kesempatan itu, kepala desa juga memberikan tali asih kepada anggota BPD yang telah selesai masa bakti.

"Jangan dinilai nominalnya. Ojo nganti lali karo aku", pesan Sukarman.

Ketua Panitia Pemilihan BPD Blaru Ngadono menjelaskan, pemilihan BPD telah sesuai dengan Perbub Pati.

Anggota BPD terpilih merupakan delegasi dari masing - masing Rw yang ada di desa tersebut, berjumlah 5 Rw, dengan jumlah penduduk 3100 jiwa.

"Rw 1 dan 5 masing - masing 2 orang, Rw 2, 3 dan 4 masing - masing 1 orang. Pemilihannya disepakati voting tertutup", terang Ngadono yang menjabat Kasi Pemerintahan Desa Blaru.

Voting  tertutup disepakati mengingat ada 15 pendaftar yang memenuhi syarat.

Ia pun berharap, BPD terpilih dapat menjalin hubungan baik dan sinergi dengan pemerintah desa, dalam rangka menjalankan program - program pembangunan.

(RM. Usman)

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.