SAMBUT TAHUN BARU HIJRIYAH 1441 - DESA NGURENREJO GELAR KARNAVAL



Pati, RadarMuria.Com
Menyambut pergantian malam Tahun Baru Hijriyah 1441/2019, Desa Ngurenrejo Kecamatan Wedarijaksa menggelar karnaval, keliling desa tersebut.

Perayaan itu sekaligus dalam rangka memperingati Haul Ki Ageng Singo Padu, tokoh dan cikal bakal Desa Ngurenrejo serta memeriahkan HUT ke - 74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Karnaval yang menampilkan berbagai seni - budaya, berkeliling sepanjang jalan desa, diawali barisan sepeda hias merah putih, yang 'dikomandoi' oleh Kepala Desa Ngurenrejo.

Kepala Desa (Kades) Ngurenrejo Sudiyono mengatakan, kegiatan itu melibatkan seluruh lapisan masyarakat sebagai wujud rasa syukur menyambut Tahun Baru Islam 1441 H, Haul Ki Ageng Singo Padu dan HUT Kemerdekaan RI.

Dalam iringan karnaval, juga dibagikan bawang merah, hasil bumi andalan desa tersebut, kepada penonton yang ada di sepanjang jalan yang dilalui karnaval.

"Ini juga bagian untuk menyampaikan rasa syukur masyarakat, atas keberlimpahan hasil bumi Ngurenrejo", ujar Kades.

Ia berharap, terjalin kebersamaan, kerukunan dan kegotongroyongan guna menunjang program pembangunan.

Secara singkat, Sudiyono juga menceritakan bahwa Ki Ageng Singo Padu adalah tokoh dan cikal bakal desa yang sangat dihormati oleh warga.

Hal itu, lanjutnya, karena tokoh ini semasa hidup mempunyai sifat yang sangat bijaksana dan bersikap ngemong.
Makam Ki Ageng Singo Padu

Selain menyebarkan ajaran agama Islam, Ki Ageng Singo Padu juga piawai dalam pengolahan tanah dan bercocok tanam. Sehingga, wilayah Nguren (sebelum terbagi dua, yaitu Ngurensiti dan Ngurenrejo), menjadi lahan pertanian yang subur.

Atas keahlian itu, Ki Ageng Singo Padu yang juga menyandang nama Ki Mangun Kusumo, masih tutur Sudiyono, selanjutnya diangkat sebagai Patih dan Jaksa di Kadipaten Carangsoka, yang memiliki wilayah bagian utara Sungai Juwana.

Pada setiap Jumat Wage, makam Ki Ageng Singo Padu ramai dikunjungi peziarah dari berbagai penjuru, untuk berdoa dan ngalap berkah.

Malam Satu Suro (kemaren, Sabtu 31/8) di makam 'sang wali', diselenggarakan tahlilan, manaqib dan khataman Al- Quran.

(RM. Usman)  

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.