PENINGKATAN PEMAHAMAN DEMOKRASI DAN POLITIK JELANG PILKADES SERENTAK 2019

Kepala Kesbangpol Pati : Pemahaman dan Pengetahuan Demokrasi Politik Menyukseskan Penyelenggaraan Pilkades Serentak 2019


Pati, RadarMuria.Com
Dalam rangka memberi pemahaman dan pengetahuan politik serta memperoleh berbagai informasi untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) Serentak Gelombang III/2019 Kabupaten Pati pada Desember mendatang, Kantor Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) Kabupaten Pati menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan  Pendidikan dan Diskusi Politik Bagi Masyarakat.

Kegiatan dilaksanakan pada Kamis (26/9) bertempat di Resto 57 Pati, diikuti oleh tokoh masyarakat, pemuda, tokoh wanita dan lembaga kemasyarakatan desa yang mengikuti Pilkades Serentak Gelombang III/2019 Kabupaten Pati.

Menghadirkan 3 narasumber yaitu Asisten Tata Praja Setda Pati Drs. Sudiyono, MM yang mengetengahkan materi 'Pentingnya Peran Pemerintah Daerah Dalam Menyukseskan Pilkades Serentak'.

Dosen Fisip Undip Semarang Much. Yuliyanto, S.Sos; MSi dengan tema 'Peranan Pendidikan Politik Dalam Membentuk Kepribadian, Kesadaran dan Partisipasi Politik Masyarakat Desa Sebagai Upaya Mewujudkan Kebaikan Bersama'.

Ketua KPU Kabupaten Pati dengan tema 'Komitmen Kampanye Damai Dalam Pilkades Serentak Untuk Pendidikan Politik Masyarakat'.


Peserta Diharapkan Menjadi Pioner Berdemokrasi dan Berpolitik Baik

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Pati Drs. Susanto, MM mengatakan, maksud kegiatan tersebut adalah meningkatkan pemahaman dan pengetahuan politik serta memperoleh berbagai informasi guna mendukung kesuksesan pelaksanaan Pilkades Serentak 2019.

"Dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran atas hak dan kewajiban masyarakat dalam kehidupan politik dan demokrasi", terang Susanto.

Selain itu, lanjutnya, juga untuk meningkatkan kemandirian, kedewasaan dan pencapaian prestasi dalam penyelenggaraan kehidupan politik guna mewujudkan kebaikan bersama.

Dalam kesempatan itu, Susanto juga meminta kepada para peserta untuk menjadi pioner berdemokrasi dan berpolitik yang baik dan menyampaikannya kepada masyarakat.

Kegiatan yang menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab  itu dimoderatori oleh Subawi, S.Pd; MPd dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kabupaten Pati; dan merupakan yang kali kedua diselenggarakan oleh Kantor Kesbangpol Kabupaten Pati, setelah sebelumnya digelar di Kecamatan Juwana, beberapa waktu lalu.

"Ada 4 agenda kegiatan serupa, ini yang kali kedua, di wilayah Kecamatan Pati", ujar Susanto.

Adapun dasar pelaksanaannya meliputi Permendagri Nomor 36 Tahun 2010 tentang Pedoman Fasilitasi Penyelenggaraan Pendidikan Politik; Perda Nomor 16 Tahun 2018 tentang APBD Kabupaten Pati 2019 dan Perbub Nomor 131 Tahun 2018 tentang Penjabaran APBD 2019.

Kegiatan itu juga telah menjadi Program Kerja Kantor Kesbangpol Kabupaten Pati Tahun Anggaran 2019.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Pati pada Desember 2019 akan menyelenggarakan Pilkades Serentak Gelombang III yang diikuti oleh 122 desa, tersebar di seluruh kecamatan.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.