BERLITERASI JAWA BERSAMA PERMADANI KABUPATEN PATI

Sekretaris Permadani Kabupaten Pati Drs. Subawi, M. Pd


Pati, RadarMuria.Com
Permadani sebagai salah satu organisasi yang berkecimpung di bidang pembinaan budaya Jawa, khususnya kesusasteraan, kepenataacaraan dan medar sabda (pidato dalam Bahasa Jawa).

Permadani yang berdiri sejak 1996 hingga sekarang telah beranggotakan lebih dari 1500 orang dari berbagai kalangan, mulai warga biasa, guru/pendidik, aparat TNI/Polri, pejabat birokrasi, pemuda, pelajar dan mahasiswa.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Permadani Kabupaten Pati Drs. Subawi, M.Pd kepada RadarMuria.Com beberapa waktu lalu.

Dalam waktu dekat ini, lanjut Subawi, Dewan Pengurus Permadani akan mengadakan agenda kegiatan, yaitu kursus Pawiyatan atau Pranatacara dan Pamedar Sabda Angkatan ke - 26 Tahun 2020.

"Kursus akan berlangsung selama 8 bulan, dimulai pada  Januari hingga Agustus", terang Subawi yang juga Pengawas SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati.

Bupati Pati H. Haryanto Bersama Peserta Wisuda Purna Wiyata Permadani


Diharapkan, para peserta setelah selesai mengikuti kursus akan memperoleh ilmu tentang bahasa dan sastra Jawa, yang meliputi adat istiadat, etika dan estetika, budi pekerti, menulis dan membaca aksara Jawa serta mengenal padungan (keris / pusaka).

"Selain itu, peserta akan mahir medar sabda dan mampu menjadi pranatacara untuk keperluan tertentu", lanjut Subawi.

Sehingga, anggota Permadani dalam kehidupan bermasyarakat akan dapat berbuat sadengah pakaryan tansah saged ndamel remening tiyang sanes.

"Yaitu setiap pekerjaan akan dapat membuat orang lain merasa senang", jelasnya.

Misal, membantu orang yang sedang punya kerja atau hajat dengan menjadi pembawa acara, wakil besan, pasrah manten dan sebagainya.

Di dalam Permadani, sebut Subawi, juga dikenal istilah Tri Rukun, yaitu Rukun Rasa, Rukun Bala dan Rukun Banda.  

Setelah melalui ujian tertulis dan praktek, peserta kursus akan mendapat partisara atau ijazah / sertifikat dari Permadani.

Kursus terbuka untuk umum dan bagi peminat dapat mendaftar melalui nomor handpone di 082134195929.

Atau dapat langsung ke Sekretariat Permadani Kabupaten Pati di Jalan Raya Pati - Gembong Km. 11 Rt. 01 Rw. 14 Desa / Kecamatan Gembong, Kode Pos 59162.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.