PIMPINAN DPRD KABUPATEN PATI PERIODE 2019 - 2024 DIAMBIL SUMPAH / JANJI

DPRD dan Pemerintah Kabupaten Pati Mempunyai Tanggung Jawab Bersama Menyejahterakan Masyarakat


Pati, RadarMuria.Com
Pimpinan DPRD Kabupaten Pati diangkat dan diambil sumpah/janji pada Rapat Paripurna di Gedung DPRD setempat, Rabu (25/9).

Pengambilan Sumpah/Janji dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Pati, berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor  170/102 Tahun 2019 tertanggal 19  September 2019 Tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kabupaten Pati Masa Jabatan Tahun 2019 - 2024.

Memutuskan dan menetapkan Pimpinan DPRD Kabupaten Pati, terdiri atas 
Ketua H. Ali Badrudin, SE; 
Wakil Ketua H. Joni Kurnianto, ST; MMT
Wakil Ketua H. Hardi
Wakil Ketua H. Muhammadun

Hadir Bupati Pati H. Haryanto bersama Wakil Bupati Saiful Arifin, Sekda Ir. Suharyono dan Forkopimda serta seluruh Anggota DPRD Kabupaten Pati.

Bupati Haryanto dalam sambutan, mengajak para pimpinan dewan untuk me-refresh pemahaman terkait tugas dan fungsi, agar sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Pati dengan Pimpinan DPRD beserta seluruh anggotanya, semakin meningkat.

"Sinergitas diperlukan dalam mengawal lahirnya peraturan daerah dan produk hukum lain dalam proses pengesahan APBD", terang bupati.


Sinergitas dan Hubungan Baik Diperlukan Guna Melahirkan Perda dan Produk Hukum Lain Untuk Pembangunan Kabupaten Pati

Demikian juga, lanjutnya, dalam fungsi pengawasan hendaknya juga dapat dipergunakan secara baik dan arif bijaksana, agar tercipta keharmonisan hubungan.

Karena, menurut bupati, DPRD memiliki tanggung jawab yang sama dengan kepala daerah, yaitu mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pati.

Oleh karena itu, sumpah dan janji yang terucap diharapkan menjadi komitmen yang dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas - tugas.

"Mengingat bahwa masyarakat menunggu realisasi atas janji - janji politik, yang disampaikan saat kampanye", tambah bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati Haryanto secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Pati menyampaikan ucapan selamat kepada Pimpinan DPRD, yang merupakan 'wajah lama'.

Bupati pun berharap, pimpinan dewan beserta alat kelengkapannya dapat langsung menjalan tugas - tugas yang telah menanti.

Antara lain, Pembahasan APBD Tahun 2020, Evaluasi SOTK dan Pembahasan Raperda tentang Revisi RTRW.

"Selain itu, juga Raperda lain yang sudah terprogram pada 2019. Semoga program kerja DPRD nantinya juga selaras dengan rencana kerja pemerintah daerah yang telah tersusun baik", tutur Bupati Pati.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Pati H. Ali Badrudin usai acara menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak.

"Atas nama pimpinan dewan, mengucapka terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat yang telah memberikan kepercayaan ini", tutur Ali Badrudin.

Ia pun berharap dukungan, agar dapat menjalankan amanah  sebaik - baiknya dengan tetap mengedepankan nilai - nilai sosial, agama dan kearifan lokal (budaya).

Sebelumnya, Ali Badrudin menjabat Pimpinan DPRD sementara, sejak dilantik sebagai Anggota DPRD Kabupaten Pati pada 27 Agustus lalu.

Hingga dikeluarkan SK Gubernur Jawa Tengah    dan Pengambilan Sumpah/Janji tersebut, maka Pimpinan DPRD Kabupaten Pati berlaku efektif.  

(RM. Usman)

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.