SERING TERJADI KEBAKARAN - SATPOL PP PATI SIAPKAN POS DAMKAR DI DUA WILAYAH INI

Pos Damkar Satpol PP di Kantor Kecamatan Tayu


Pati, RadarMuria.Com
Sering terjadi kebakaran yang menimpa rumah warga maupun lahan tebu dan rumpun bambu di wilayah Kabupaten Pati, akibat musim kemarau tahun ini, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pati membuat Pos Damkar (Pemadam Kebakaran) di dua tempat.

Yaitu, Pos Damkar di Kantor Kecamatan Tayu dan Kayen. Penempatan dimulai Senin (26/8).

Kepala Satpol PP Kabupaten Pati, Hadi Santosa  mengatakan, pilihan dua tempat itu adalah karena daya jangkau.

Kepala Satpol PP Kabupaten Pati, Hadi Santosa, AP;MM

"Jadi untuk Pos Damkar Tayu akan menjangkau wilayah utara dan Kayen untuk wilayah selatan", terangnya.

Masing - masing pos ditempatkan 1 unit mobil damkar dengan 4 personel Satpol PP yang berkompeten, terdiri atas sopir dan operator mesin masing - masing 1 orang dan operator selang 2 orang.

Masyarakat di wilayah tersebut dapat menginformasikan kejadian kebakaran kepada petugas, melalui saluran telepon yang tersedia atau melalui aplikasi Siapak.

Sesuai SPM (Standar Pelayanan Minimal) penanganan kebakaran, bahwa 15 menit semenjak diterima informasi kebakaran, maka unit damkar segera meluncur ke lokasi kebakaran.


Tetapi sebut Hadi, masyarakat kadang keliru mempersepsikan bahwa unit damkar  sudah harus tiba dalam waktu 15 menit.

"Ya kalau lokasinya dekat. Kalau jauh kan nggak mungkin", terangnya.

Oleh sebab itu, Hadi meminta kesadaran dan pengertian bagi pengendara atau pengguna jalan yang dilalui oleh mobil damkar untuk memberi kesempatan atau mendahulukan, agar lekas tiba di lokasi kebakaran.

"Walaupun sudah ada sirene, kadang pengendara abai. Padahal ada aturan bahwa terhadap kendaraan tertentu, harus memberi prioritas" tambahnya.

Hal lain yang menjadi hambatan, lanjutnya, adalah akses jalan ke lokasi kebakaran yang sempit dan tidak bisa dilewati mobil damkar, ditambah lagi peralatan selang yang kurang memadai.

Saat ini Satpol PP Kabupaten Pati memiliki 7 unit mobil damkar, 2 ditempatkan di pos tersebut dan selebihnya di pool, siap on call dalam waktu 24 jam. Dan didukung kekuatan 31 personil terlatih.

Nomor darurat kebakaran yang dapat dihubungi : 0295383113 dan 0823233006006 atau menggunakan aplikasi Siapak Satpol PP Kabupaten Pati.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.