TASYAKURAN JELANG PROSESI KIRAB HARI JADI PATI



Pati, RadarMuria.Com
Menjelang Prosesi Kirab Boyongan Hari Jadi Pati tahun ini  yang diselenggarakan pada Rabu (7/8) esok dan dalam rangka menyambut HUT ke - 74 Kemerdekaan RI, digelar tasyakuran, bertempat di Pendopo Kemiri, turut Desa Sarirejo Kecamatan Pati, hari ini Selasa (6/8).

Hadir Bupati Pati H. Haryanto bersama Wakil Bupati Saiful Arifin, Sekda Ir. Suharyono, Dandim 0718/ Pati Letkol Arm Arief Darmawan dan Forkompimda lainnya, para Kepala OPD dan Camat serta pemerintah desa setempat beserta tokoh agama.

Bupati Haryanto dalam sambutan mengatakan, bahwa acara ini adalah sebagai wujud rasa syukur atas usia Kabupaten Pati yang sudah mencapai 696 tahun atau hampir 7 abad.

"Besok pagi Pati telah berusia 696 tahun. Kita telah ikuti acara ritual memperingati hari jadi tiap 5 tahun sekali dengan kirab boyongan", ujar bupati.

Bupati berharap, agar segala hal maupun amanah yang dipikul bersama jajaran, mendapat kelancaran dan kemudahan.

"Semoga selalu mendapat berkah dari Allah SWT. Mendapat keselamatan dan bimbingan dalam mengemban amanah dan tanggung jawab melayani masyarakat", harap bupati.

Lebih lanjut dikatakan, usia 696 tahun adalah masa perjalanan yang panjang. Menurutnya, sejarah bisa ditarik dari segala sisi atau bisa berbeda versi. Dan itu, tambah bupati, adalah hal yang biasa dan tidak perlu dipermasalahkan.

Ia pun berpesan, agar Forkompimda dan seluruh OPD dapat nguri - nguri budaya atau tradisi yang ada.

Tasyakuran seraya memanjatkan doa kepada Allah SWT itu, diharapkan dapat membawa keselamatan, kemudahan dan kelancaran kirab boyongan.

Acara kirab akan dilaksanakan besok, Rabu (7/8) pukul 12.00 WIB mulai dari Pendopo Kemiri menuju Pendopo Kabupaten Pati dengan iring - iringan Kereta Kencana yang khusus didatangkan dari Surakarta.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.