PEMKAB PATI SERAHKAN BANTUAN KESEJAHTERAAN DAN KARTU ASURANSI BAGI NELAYAN


Sekda Ir. Suharyono didampingi Kepala DKP Edy Martanto secara simbolis menyerahkan Kartu Asuransi Mandiri kepada nelayan

Pati, RadarMuria.Com
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) menyerahkan bantuan kesejahteraan dan kartu asuransi mandiri, bagi nelayan. 

Kartu asuransi dan bantuan berupa sembako bagi jompo dan janda nelayan serta anak buah kapal tersebut, dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. Suharyono  didampingi Kepala DKP Kabupaten Pati Edy Martanto, bertempat di Ruang Penjawi Setda, Kamis (8/8).

Sekda Suharyono mengatakan, bantuan diberikan dalam bentuk non tunai, karena secara tunai sudah tidak diperkenankan.

"Bantuan untuk masyarakat miskin saat ini berubah menjadi bentuk kartu dan dibelanjakan melalui e-warung", terang Suharyono.

Hal itu, menurutnya, untuk mengantisipasi kecurangan atau penyelewengan terhadap bantuan tersebut , sehingga tepat sasaran.

Ia berharap, bantuan yang diberikan Pemkab Pati ini bisa bermanfaat dan berkah bagi penerima.

"Dan bantuan semacam ini, kami yakin bahwa baru Kabupaten Pati yang mengalokasikannya melalui APBD. Sebab daerah lain belum", jelas Sekda.


Kepala DKP Edy Martanto mengatakan, tujuan program ini adalah untuk meringankan beban ekonomi nelayan di masa paceklik, juga memberi perlindungan atas resiko saat melaut.

"Bantuan kesejahteraan ini adalah kegiatan rutin Pemkab Pati yang merupakan pengembalian retribusi TPI", terang Edy.

Bantuan yang semula berupa uang tunai, jelasnya, sejak 2019 berubah menjadi non tunai, yaitu berupa barang dan jasa. Untuk asuransinya, bantuan yang diberikan berupa premi.

Hal itu, tambah Edy, mendasarkan  rekomendasi dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI.

"Bantuan juga termasuk fasilitasi pengadaan barang perlengkapan sedekah laut di 13 desa nelayan se - Kabupaten Pati", tambah Edy Martanto.

Pada acara tersebut, juga diserahkan bantuan peralatan keselamatan melaut.

(RM. Usman)

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.