GERAKAN PRAMUKA - MENDIDIK GENERASI MUDA HARAPAN BANGSA

Inspektur Upacara Hari Pramuka - Bupati Pati H. Haryanto, SH; MM; MSi


Pati, RadarMuria.Com
Upacara Hari Gerakan Pramuka 2019 Tingkat Kabupaten Pati, dilaksanakan tepat pada 14 Agustus, Rabu pagi, bertempat di lapangan Desa Kuryokalangan Kecamatan Gabus.

Bupati Pati H. Haryanto bertindak sebagai Inspektur Upacara. Hadir Forkopimda dan para Kepala OPD, Ketua Kwarcab Pati beserta jajaran, serta insan Pramuka.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam amanat yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, mengawali dengan ucapan Selamat Hari Pramuka yang ke- 58 dan semoga jiwa Gerakan Pramuka tetap semangat, selalu produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya. 

Selalu menjadi generasi muda yang terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan di luar ruangan, akan terus memperkuat menjaga keutuhan NKRI.

'Salam Pramuka'

Sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi perekat dan siap membangun keutuhan NKRI.

Karena itu, Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat, di semua daerah.

"Pramuka berasal dari kata Praja Muda Karana yang mempunyai arti sekumpulan anak - anak muda yang suka berkarya. Jadi sebagai anak muda kalian harus bisa berkarya dengan cara mengisi hal - hal yang positif dalam kehidupan", sebut amanat.

Tujuan kegiatan Pramuka sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda  ke hal - hal positif dengan dasar dan metode yang sesuai norma masyarakat.

Dengan begitu, maka akan diperoleh suatu anggota Pramuka yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana.

Selain itu, juga akan memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada NKRI.

Sehingga generasi penerus bangsa akan berguna dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara.

Di akhir amanat, juga dipesankan agar segenap anggota Gerakan Pramuka terus berkreasi dan berkarya.

"Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif dan produktif", pesan amanat.

Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI

Rangkaian kegiatan memperingati Hari Pramuka Tingkat Kabupaten Pati, meliputi kemah yang didalamnya ada lomba ketangkasan dan ketrampilan, renungan ulang janji, parade obor dan sarasehan.

Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Pati, Sugiyono, AP; MSi menyebut, tema Hari Pramuka 2019 adalah Bersama Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI.

"Pramuka adalah gerakan organisasi non formal yang bertujuan untuk mendidik generasi bangsa yang berkepribadian, berkarakter, disiplin dan cinta tanah air", tutur Kak Giono. 

(RM. Usman)

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.