DIPERSIAPKAN IKUTI JAMDA XV JATENG - PRAMUKA GARUDA PENGGALANG KWARCAB PATI DILANTIK

Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Pati Sugiyono, AP; MSi Melantik Anggota Pramuka Garuda Tingkat Penggalang



Pati, RadarMuria.Com
Bertempat di Sanggar Gerakan Pramuka Kwartir Cabang  Kabupaten Pati, pada Sabtu malam (17/8) diselenggarakan pelantikan Pramuka Garuda Tingkat Penggalang.

Pelantikan 32 anggota Pramuka tersebut dilakukan oleh Ketua  Gerakan Pramuka Kwarcab Pati, Sugiyono, AP, MSi didampingi Pengurus Andalan Cabang dan DKC Kwarcab Pati.

Pelantikan itu sekaligus mengukuhkan kepesertaan Pramuka Garuda Penggalang Kwarcab Pati pada Jamda (Jambore Daerah) XV Jateng di Blora, dimulai 23  Agustus mendatang.

Pelantikan ini berbarengan dengan momen peringatan ke - 696 Hari Jadi Pati yang bertema Nyawiji Mbangun Pati Kang Mukti, HUT ke - 58 Gerakan Pramuka dan HUT ke - 74 Kemerdekaan RI Tahun 2019.


Dalam amanat, Ketua Kwarcab Pati, Sugiyono mengatakan, Pramuka Garuda adalah predikat tertinggi dalam kepramukaan, setelah melalui berbagai pendidikan, gemblengan dan pengujian dari para Pembina.

"Selama 90 hari atau 3 bulan, Kakak Pembina Kwarcab telah mendidik, menggembleng dan menguji kecakapan khusus. Sehingga adik - adik telah memenuhi predikat tertinggi, yakni Pramuka Garuda Penggalang", terang Kak Giono, sapaan akrab dalam kepramukaan.

Dalam kesempatan itu, Kak Giono juga berpesan agar nilai - nilai kebaikan yang sudah diajarkan dapat menjadi bekal dalam membentuk generasi penerus bangsa yang berkarakter, berkepribadian dan bermental kuat serta siap sedia membangun keutuhan NKRI.

Prosesi pelantikan meliputi pengucapan ulang janji, penyematan badge Pramuka Garuda, penyerahan medali dan sertifikat Pramuka Garuda serta  penyiraman air kembang.

Tradisi penyiraman air kembang tersebut, sebagai lambang agar kelak dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan mengharumkan nama bangsa.

Menuju Jamda XV Jateng di Blora, Pramuka Garuda Penggalang Kwarcab Pati dijadwalkan akan dilepas keberangkatannya oleh Bupati Pati H. Haryanto selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Kabupaten Pati, pada 23 Agustus di pendopo kabupaten.

"Untuk itu, jaga kesehatan, jaga nama baik sekolah dan kwartir cabang serta Pemerintah Kabupaten Pati", pungkas Sugiyono.

(RM. Usman /: Kak Giono)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.