JAMAAH HAJI INDONESIA JUGA SELENGGARAKAN UPACARA BENDERA 17 AGUSTUS





RadarMuria.Com
Upacara Bendera Kenegaraan dan Detik - Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus, tidak hanya diselenggarakan di pelosok tanah air, namun di seluruh belahan dunia atau di negara manapun terdapat KBRI, juga melakukan upacara serupa.

Tak terkecuali, Jamaah Haji Indonesia di Tanah Suci Mekah. Dengan khidmat, upacara bendera HUT Kemerdekaan RI diikuti hampir 500 jamaah, bertempat di halaman Kiswah Hotel Makkah Al Mukarromah Saudi Arabia.


Petugas Upacara Bendera 17 Agustus - Jamaah Haji Indonesia

Tampak pula H. Muhtar selaku Amirul Hajj yang juga Kepala Dispermades Kabupaten Pati, mengikuti upacara diantara para jamaah.

Laporan  wartawan RadarMuria.Com Haji Istono, di lokasi upacara menyampaikan, upacara yang berlangsung mulai pukul 09.00 waktu setempat, berjalan lancar dan tertib.

Prosesi pengibaran sang Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan Proklamasi dan Pembukaan UUD 1945, berjalan dengan baik.

Kepala Biro Kementerian Agama RI di Saudi Arabia selaku Inspektur Upacara membacakan amanat.

Dalam amanat, tema perayaan HUT ke - 74 Republik Indonesia adalah 'SDM Unggul Indonesia Maju'.

Presiden Joko Widodo menjadikan pembangunan SDM yang berkelanjutan sebagai fokus penggunaan anggaran negara pada 2020 mendatang.

Presiden menekankan bahwa negara harus hadir dalam upaya pembangunan SDM Indonesia, agar memiliki daya saing di era globalisasi.

Untuk mendukung itu, presiden berpandangan diperlukan sistem pendidikan dan pelatihan adaptif sesuai perkembangan zaman.

Maka, reformasi secara menyuluruh terhadap hal itu, sudah saatnya dilakukan.

Memperingati HUT Kemerdekaan ini, diharapkan dapat lebih meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme.

'Semangat Nasionalisme' sangat penting. Karena dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara tanpa memandang suku, ras dan agama.

Serta dapat menjalin kerukunan antar sesama, sehingga pembangunan negara dapat berjalan lancar dan sesuai harapan bersama.

Upacara ditutup dengan memanjatkan doa, memohon keselamatan dan kesejahteraan bagi bangsa Indonesia dan tetap tegaknya NKRI.

Usai upacara, diselenggarakan berbagai lomba yang diikuti oleh jamaah haji,  antara lain  balap karung. Guna memeriahkan perayaan HUT Republik Indonesia.

Peliput : H. Tono
Editor   : RM. Usman

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.