HARI INI RABU 7 AGUSTUS - PROSESI KIRAB BOYONGAN HARI JADI PATI



Pati, RadarMuria.Com
Puncak peringatan ke - 696 Hari Jadi Pati digelar hari ini, Rabu 7 Agustus. Kali ini mengambil tema Nyawiji Mbangun Pati Kang Mukti

Kirab Boyongan akan mewarnai perhelatan tersebut dan diharapkan akan mampu memberi hiburan bagi masyarakat Pati dan sekitarnya.

Kirab kali ini akan menampilkan iring - iringan Kereta Kencana yang khusus didatangkan dari Surakarta.

Juga akan dimeriahkan pertunjukan seni dan budaya dari Pati maupun luar daerah.

Berdasarkan rundown acara yang dikutip RadarMuria.Com dari bagian protokol Setda Kabupaten Pati, Prosesi Kirab Hari Jadi Pati akan dibagi ke dalam 4 bagian.

Prosesi Penyerahan Duplikat Pusaka 
Bertempat di Pendopo Kemiri Desa Sarirejo Kecamatan Pati, dimulai tepat pukul 12.00 WIB. Prosesi dijadwalkan akan memakan waktu 180 menit.

Ritualnya meliputi pengambilan duplikat pusaka di Kantor Desa Kemiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Pati untuk selanjutnya diserahkan kepada Bupati Pati, kemudian oleh bupati diserahkan kepada Manggolo Yudho untuk diberangkatkan menuju Pendopo Kabupaten.

Tari Bedoyo akan mengiringi prosesi tersebut di Pendopo Kemiri.

Kirab Pusaka Hari Jadi Pati
Tepat pukul 14.10 WIB iring - iringan akan diberangkatkan dari Pendopo Kemiri menuju Alun - Alun, mengambil Jalan Pemuda.

Bupati Pati H. Haryanto bersama istri akan mengendarai Kereta Kencana, disusul berikutnya oleh Wakil Bupati Saiful Arifin bersama istri. Dan diiringi seluruh rombongan.

Diperkirakan perjalanan akan memakan waktu 1 jam. Sehingga pukul 15. 10 sudah sampai di alun - alun.

Prosesi Jumenengan 
Prosesi ini akan berlangsung di Pendopo Kabupaten Pati, mulai pukul 15.20 WIB dan akan berlangsung selama 30 menit.

Tari Gambyong akan mengawali acara sebelum pembukaan. Selanjutnya, sambutan oleh Sekda diteruskan penyerahan duplikat pusaka oleh Bupati kepada Sekda. Dilanjutkan jumenengan.

Pati Street Performing Carnival
Setelah jumenengan selesai, Bupati bersama rombongan akan menuju alun - alun untuk membuka dan menyaksikan penampilan kesenian serta menyerahkan gunungan kepada masyarakat.

Acara dimulai pukul 16.10 WIB dan akan berakhir pukul 17.00 WIB, diawali sambutan bupati.

Kesenian yang akan tampil antara lain, Pati Batik Carnival, Tari Wasis Joyokusumo oleh SMA PGRI 2 Kayen, Tari Topeng Ireng Soreng dari Magelang dan Jaran Sluning dari Lumajang Jawa Timur.

Berikutnya, Tarian Keboan Nyabrang Sapi Gumarang oleh Sanggar Paringgo Jati Raras Pati, Reog Ponorogo, Tari Balin Danadyaksa oleh Sanggar Tondonegoro Pati dan Kesenian Kethek Ogleng dari Wonogiri.

Juga suguhan Tari Kolosal Babad Pati dan ditutup dengan pembagian gunungan oleh Bupati Haryanto kepada masyarakat.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.