PERDANA - DISPERTAN PATI BERHASIL KEMBANGKAN BENIH UNGGUL BAWANG MERAH



Pati, RadarMuria.Com
Dinas Pertanian Kabupaten Pati pada 2 bulan terakhir ini berhasil mengembangkan benih unggul bawang merah.

Bawang merah jenis/varietas tajuk ini, telah dipanen pada Selasa (30/7) di areal tanam seluas 2000 meter persegi. Dari luasan lahan tersebut, mampu menghasilkan bawang merah basah sebanyak 1800 kilogram.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pati melalui Kepala UPTD Balai Benih Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Agus Cahyono, SP kepada RadarMuria.Com mengatakan, sesuai fungsi UPTD yaitu sebagai produsen benih, saat ini telah berhasil mengembangkan bibit unggul bawang merah varietas tajuk bersertifikasi.

"Bawang merah bersertifikasi ini adalah keberhasilan perdana oleh Dinas Pertanian Kabupaten Pati", terang Agus.

Ia menambahkan, varietas tajuk , merupakan bawang merah label biru yang dimurnikan menjadi lebih biru lagi, sehingga siap sebar oleh petani. Produksi benih ini dibawah Pos Pengawas Benih Wilayah Kabupaten Pati.

Keunggulan bawang merah bersertifikasi tersebut, menurut Agus, antara lain terjamin mutu / kualitas, sesuai sifat asli, produksi / hasil panen lebih tinggi dan tahan terhadap penyakit serta lebih tahan lama dalam penyimpanan.

Bawang merah yang mempunyai masa tanam selama 55 hari itu, akan dipasarkan dengan kemasan label ungu bertulis produksi Balai Benih Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Pati.

Dengan hasil pengembangan benih unggul itu, Agus berharap, para petani akan memperoleh benih sesuai yang diinginkan dan lebih menguntungkan. 

Selain bawang merah, UPTD Balai Benih Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan yang berkantor di Jalan Kembangjoyo Kalidoro Pati, juga berhasil memproduksi jenis buah unggulan bersertifikasi, yaitu Jambu Lumut Kayen dan Jeruk Pamelo, yang telah menjadi ikon buah Kabupaten Pati dan sudah dikenal masyarakat luas.

Benih unggul lain yang berhasil diproduksi yaitu benih padi varietas inpari 32 dan varietas sunggal.

Khusus benih padi sunggal, merupakan varietas terbaru yang mempunyai beberapa keunggulan, antara lain produksi lebih banyak dan tahan terhadap penyakit.

Peliput :
RM. Usman
Totok Mujiarto

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.