PATI EXPO - PELUANG PROMOSI DAN KERJASAMA BISNIS



Pati, RadarMuria.Com
Pati Expo sebagai salah satu rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi Pati 2019 dan HUT ke - 74 Kemerdekaan RI, dibuka oleh Bupati Pati H. Haryanto pada Minggu (4/7) bertempat di halaman Stadion Joyokusumo Pati.

Acara sekaligus memperingati ke - 72 Hari Koperasi, dihadiri oleh Forkompimda, Sekda, DPRD, para Kepala OPD, Camat dan peserta expo.

Bupati Haryanto dalam sambutan mengatakan , expo kali ini merupakan wadah bagi para pelaku UMKM dan pegiat wisata sebagai sarana promosi.

"Dengan adanya kegiatan ini, potensi lokal dapat dikenal masyarakat dan tidak kalah dengan produk pabrikan", ujar bupati.

Selain itu, lanjut bupati, adanya expo menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Pati peduli dengan membina pelaku UMKM yang ada.

"Apabila ada kekurangan, mudah - mudahan dapat kita benahi di waktu mendatang", lanjut Bupati Haryanto.

Ketua Panitia Expo Pati 2019 yang juga Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati, dr. Edi Sulistiyono, dalam laporan menyampaikan bahwa acara tersebut diselenggarakan mulai 4 hingga 10 Agustus 2019, yang terbagi dalam 4 kegiatan. 

Yaitu, pertama Pati Tourism Expo oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata.

Kedua, Pameran / Bazar UMKM oleh Dinas Koperasi dan UMKM.

Berikutnya, Festival Pangan Lokal oleh Dinas Ketahanan Pangan.

Dan, pameran produk dari mitra usaha / sponsor.

"Adapun bentuk kegiatannya meliputi Pameran Produk UMKM, Pameran Produk Unggulan Khas Kabupaten Pati dan Pameran Inovasi Produk.

Selain itu, ada Promosi Wisata Unggulan terdiri atas Wisata Alam, Wisata Religi dan Agrowisata serta Kuliner.

Kegiatan lainnya adalah Sosialisasi Program Unggulan dari masing - masing OPD.

Disebutkan pula, ada hal menarik yang akan digelar pada expo tersebut, yaitu Makan Bersama dan Lomba Inovasi Olahan Pangan Lokal, Bazar Produk Olahan Pangan Lokal dan Jalan Sehat.

"Tujuan digelarnya kegiatan ini diantaranya ialah pengenalan usaha dan produk UMKM, membuka peluang membangun kerjasama bisnis, memajukan dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan produk, serta kemampuan dalam memenuhi permintaan pasar dan tercapainya pertumbuhan ekonomi kerakyatan", sebut Edi.

Juga, dimaksudkan untuk meningkatkan apresiasi terhadap kreatifitas dan karya seni, mengembangkan potensi daerah dan mengenalkannya di kancah nasional.

Expo diikuti para pelaku UMKM, industri kreatif, pelaku pariwisata, kreator olahan pangan lokal, OPD, BUMN dan BUMD terkait, serta Dinas Pariwisata se - Pakujembrana (Pati - Kudus - Jepara - Tembang - Blora)

Pembukaan Expo Pati 2019 juga diwarnai penyerahan bantuan / santunan kepada para anak yatim - piatu dan pembagian doorprize peserta jalan santai yang beruntung.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.