PELAKSANAAN BURSA INOVASI DESA KABUPATEN PATI - DIEVALUASI

Tim ahli TIK menyampaikan paparan evaluasi BID


Pati, RadarMuria.Com
Paska pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID) di seluruh tingkat kecamatan se - Kabupaten Pati, hari ini Selasa (13/8) bertempat di Resto 57 Jalan A. Yani Pati diselenggarakan Rapat Evaluasi Pelaksanaan BID.

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pati itu,  dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan dan capaian bursa inovasi tersebut.

Rapat diikuti Tim PID (Pelaksana Inovasi Desa) Tingkat Kecamatan dan TIK (Tim Pelaksana Kabupaten) Pati serta LSM LPKKP (Lembaga Pusat Kajian Kebijakan Publik) Kabupaten Pati.

Pameran BID di Kecamatan Batangan

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu penyelenggaraan BID telah berakhir.

Pada BID tersebut, memunculkan berbagai inovasi desa yang ditampilkan saat pameran BID,  meliputi bidang ekonomi, sosial, pendidikan dan pengembangan SDM, infrastruktur dan pariwisata serta potensi lokal lainnya.

Dalam evaluasi itu juga mengulas  P2KTD (Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa), meliputi layanan  bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakateristik desa dalam mendukung pengembangan ekonomi. 

Berikutnya, layanan peningkatan sumberdaya manusia (SDM), pelayanan sosial dasar dan infrastruktur.

Khusus bidang pengembangan SDM, disesuaikan dengan pengembangan layanan sosial dasar, antara lain PAUD,  Posyandu dan kegiatan lain.

Adapun bidang infrastruktur,  mencakup semua jenis sarana dan prasarana skala desa dan antardesa yang memiliki dampak ekonomi.

Pameran BID di Kecamatan Tayu

Bentuk layanan lain, adalah pemeliharaan sarana prasarana, antara lain embung desa untuk kebutuhan air rumah tangga, irigasi  dan kebutuhan air bersih lainnya.

Pengembangan dan pemeliharaan sarana olah raga di desa yang mendukung peningkatan ekonomi dan ikatan sosial, juga menjadi bagian layanan P2KTD.

Akhir evaluasi, meminta kepada Tim PID dan TIK untuk menyampaikan laporan hasil capaian Bursa Inovasi Desa.

RM. Usman
Totok Mujiarto

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.