MEMAKNAI IDUL ADHA - MENGORBANKAN EGOISME DAN EGOSENTRISME




Pati, RadarMuria.Com
Segenap pelaku pembangunan di Kabupaten Pati dituntut mampu mengorbankan egoisme dan egosentrisme pribadi maupun kelompok,  dengan cara berperilaku patuh dan taat pada ajaran Allah.

Hal itu disampaikan Bupati Pati H. Haryanto saat sambutan menjelang salat Idul Adha 1440 H, di Masjid Agung Baitun Nur Pati, Minggu  pagi (11/8).

Turut hadir Wakil Bupati Saiful Arifin, Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan dan Waka Polres Pati Kompol Ifan Hariyat.

"Inilah hari besar kemanusiaan dan keimanan, ditandai syiar penyembelihan hewan kurban, untuk mengenang dan meneladani peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim setelah menerima wahyu melalui mimpi yang memerintahkan menyembelih putranya, Ismail", terang bupati.

Menurutnya, itu adalah sebuah ujian keimanan yang amat sulit dan berat untuk dilaksanakan, bahkan tidak terbayangkan dari segi perikemanusiaan.

"Karena itu, peristiwa kurban seharusnya tidak dimaknai sebatas proses ritual, melainkan diletakkan juga sebagai keteladanan dalam konteks peneguhan nilai - nilai dan spirit pengorbanan, kemanusiaan dan keadilan", lanjut bupati.


Akan lebih indah, tambahnya, bila spirit dan nilai yang terkandung dalam peristiwa kurban dapat diterapkan pada diri dan keluarga.

Atas dasar nilai - nilai spirit itu, menurut bupati, peringatan Idul Adha dan kurban, memiliki 2 makna penting.

"Pertama, makna ketakwaan manusia atas perintah Allah. Kedua, makna sosial dengan berbagi kepada sesama", ujar bupati.

Sikap takwa seseorang, tambahnya, juga dapat dilihat dari kepatuhan orang tersebut pada norma hukum dan peraturan perundangan yang berlaku.

Hal itu menuntut seseorang untuk rela berkorban demi kepentingan masyarakat atau kepentingan yang lebih luas, dalam rangka membangun Kabupaten Pati menuju  peningkatan derajat kehidupan yang lebih baik.

"Setidaknya, kita dituntut pengorbanan tenaga, pikiran hingga materi yang kita miliki untuk berkontribusi dalam upaya mencapai keberhasilan pembangunan yang lebih baik", jelas bupati.

Dalam kesempatan itu, bupati atas nama Pemerintah Kabupaten Pati, mengucapkan Selamat Idul Adha 1440 H.

"Selamat berkurban kepada semua yang melaksanakannya, semoga amal ibadah kita mendapat ridho Allah SWT", ucap Bupati Haryanto.

Totok Mujiarto
RM. Usman

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.