JOB FAIR - UPAYA PEMKAB PATI KURANGI PENGANGGURAN



Pati, RadarMuria.Com
Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati dalam mengurangi pengangguran, salah satunya menyediakan informasi dan bursa kerja.

Hal itu disampaikan Bupati Pati pada sambutan pembukaan Job Fair (Bursa Kerja) yang diselenggarakan oleh Disnaker Kabupaten Pati, bertempat di UPTD BLK(Balai Latihan Kerja) Jalan Margorejo - Banyuurip Kecamatan Margorejo, Rabu (24/7).

Pembukaan Job Fair juga dihadiri Kepala Subdit Antar Kerja pada Direktorat PTKDN Kemnaker RI, Timbul Tua Panggabean dan Kepala Disnaker Kabupaten Pati, Tri Haryama serta tamu undangan.

"Kami berharap kegiatan ini tidak hanya seremonial. Karena bursa kerja ini memang terbukti dapat mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan pencari tenaga kerja", tutur bupati.

Bupati Haryanto menyebut, sejak awal ia menjabat hingga kini memasuki periode kedua kepemimpinannya, tingkat pengangguran di Kabupaten Pati selalu mengalami penurunan.

"Berdasarkan data yang ada, pada 2011 angka pengangguran masih di atas 10 persen. 2012 di atas 9 persen. Kemudian 2013 turun menjadi 7.3 persen dan 2014 sebesar 6.9 persen", lanjut bupati.

Pada 2015 dan 2016, imbuhnya, mengalami sedikit penurunan.

Mulai 2017 hingga 2019 ini, angka pengangguran turun drastis pada angka 3.61 persen.

Penurunan angka pengangguran, menurut bupati, lantaran program investasi yang berjalan baik.

"Ini bukti bahwa pemkab dalam mengurangi angka pengangguran sangat tertata", terangnya.

Saat ini, Kabupaten Pati yang mempunyai slogan Pro Investasi, banyak dilirik oleh para investor. Beberapa sedang dalam proses pembebasan lahan, misal di wilayah Kecamatan Margorejo, prosesnya sudah 50 persen. Rencana untuk pabrik garmen.

"Demikian juga di wilayah Batangan, yang membutuhkan lahan seluas 20 hektar. Belum lagi perusahaan - perusahaan skala kecil", jelasnya.

Investasi tersebut berdampak terhadap penurunan angka pengangguran di Kabupaten Pati.

Job Fair yang diselenggaran selama 4 hari mulai Rabu (24/7) hingga Sabtu (27/7), menyediakan informasi lowongan kerja dari 40 perusahaan.

Perusahaan tersebut, meliputi bidang keuangan, jasa, industri otomotif, industri rokok, industri jamu, garmen, properti, rumah sakit, hingga industri makanan dan minuman.

Peminat dapat mengunjungi job fair untuk mendapat informasi dan pilihan kerja sesuai kualifikasi serta mengajukan lamaran baik secara manual atau melalui website (laman) http ://e-bursakerja.kemnaker.go.id/

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.