DESA JONTRO JADI PERCONTOHAN GERAKAN BEBAS BAB SEMBARANGAN



Pati, RadarMuria.Com
Bupati Pati H. Haryanto memberi apresiasi Desa Jontro Kecamatan Wedarijaksa yang telah memrakarsai Deklarasi Gerakan Bebas BAB (Buang Air Sembarangan).

"Saya mengapresiasi dan menyambut baik kerja keras Pemdes Jontro yang telah mendeklarasikan Gerakan Bebas BAB Sembarangan", ujar bupati saat menghadiri acara jalan santai dalam rangka Sedekah Bumi Desa Jontro, Minggu (28/7).

Desa Jontro sebagai pioner, bupati berharap, Kabupaten Pati ke depan secara keseluruhan bisa tuntas dalam Program Bebas BAB Sembarangan.

Bupati menyebut, masih banyak tempat terbuka yang memungkinkan sebagai tempat buang air besar, misal lahan tebu dan tegalan serta tempat terbuka lainnya.

"Padahal buang air besar sembarangan, dampaknya sangat besar", tambah bupati.

Ia pun berharap, desa - desa lain yang belum melaksanakan deklarasi serupa, segera dapat meniru Desa Jontro.

"Untuk menyukseskan program ini, bisa dianggarkan dari Dana Desa dengan dibuatkan regulasi. Dana Desa tidak semata - mata untuk kepentingan infrastruktur saja, tapi dapat digunakan untuk kepentingan kesehatan, pemberdayaan dan kepentingan pertanian. Ada skala prioritas", terang H. Haryanto.

Kepala Desa Jontro Rahmat Wahyudi mengatakan, Desa Jontro saat ini telah memiliki sarana sanitasi jamban dan sudah tuntas 100 persen warga tidak lagi buang air besar sembarangan.

Selain itu, ujar Rahmat, pihaknya berkomitmen mempertahankan status Jontro Bebas BAB Sembarangan.

"Bila melanggar, kami siap menerima sanksi sosial. Kami siap meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, demi mewujudkan derajat kesehatan yang baik", tuturnya.

Komitmen Bebas BAB Sembarangan Desa Jontro, dituangkan dalam deklarasi dan ditandatangani bersama Bupati dengan Pemdes Jontro.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.