JAMAAH CALHAJ KABUPATEN PATI MULAI TERBANG KE MAKKAH



RadarMuria.Com
Jamaah Calon Haji (Calhaj) dari Kabupaten Pati yang kemarin Selasa (23/7) tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali, yaitu kloter 58 dan 59, hari ini Rabu (24/7) mulai terbang ke Tanah Suci Makkah.

Hari yang sama, kloter 60 dan 61 menyusul tiba di asrama tersebut, setelah dilepas keberangkatannya oleh Bupati Pati H. Haryanto, dini hari tadi Rabu (24/7) di pendopo kabupaten.

Tim liputan RadarMuria.Com yang mengikuti perjalanan jamaah calhaj dari pendopo kabupaten menuju asrama haji, kemaren Selasa (23/7) pukul 08.30, harus mendapati kemacetan di sepanjang jalan Purwodadi Grobogan arah Solo akibat dari perbaikan ruas jalan di beberapa titik lokasi. Tak terelakkan, kendaraan dari dua arah harus antri mengular hingga 3 kilometer. 

Tim terpaksa mengambil jalan alternatif yang lumayan panjang untuk menuju Boyolali.

Menyusuri jalan  pedesaan dan sesekali harus melewati jalan yang rusak atau tidak beraspal, akhirnya tim tiba di asrama haji pukul 14.00 WIB.

Hal sama juga dialami para keluarga calhaj yang mengantar sampai Boyolali, ada yang harus terjebak kemacetan dan ada yang mengambil jalur alternatif.

Walaupun harus puas bertemu dengan pembatas pagar asrama, keluarga dan calhaj memanfaatkan kesempatan itu untuk saling menyampaikan harapan dan saling mendoakan.

Ta ayal, kadang disertai saling berpelukan dan bertangisan.

Di Makkah, jamaah calhaj Kabupaten Pati akan menempati atau tinggal di maktab (pondok) terdekat dengan Masjidil Haram.

Informasi menyebutkan, mereka akan berada pada jarak kurang lebih 1 kilometer. Sehingga diharapkan, para jamaah akan mendapat kelancaraan dalam menjalankan rangkaian ritual ibadah haji.

Tim liputan :
RM. Usman
Totok Mujiarto

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.