BUPATI PATI LEPAS KEBERANGKATAN JAMAAH CALHAJ PATI



Pati, RadarMuria.Com
Rombongan Jamaah Calon Haji (Calhaj) Kabupaten Pati yang tergabung dalam kloter 58 dan 59 dilepas keberangkatannya oleh Bupati Pati H. Haryanto bertempat di halaman Setda pada Selasa pagi (23/7), menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali Jawa Tengah.

Hadir saat pemberangkatan, Sekda Ir. Suharyono, Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan, Kasdim Mayor Much. Solikhin, Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto, Kejari dan PN Pati, MUI, DPRD, Kemenag, Kabag Kesra dan undangan lainnya.

Bupati Haryanto dalam kata sambutan mengatakan, jamaah calhaj patut bersyukur kepada Tuhan YME karena keberangkatan ini sudah ditunggu - tunggu cukup lama.

"Harus menunggu kurang lebih 7 hingga 8 tahun untuk bisa menunaikan rukun ke - 5 agama Islam, ke tanah suci", ujar bupati.

Ibadah haji sebagian rukunnya adalah ibadah fisik, artinya kegiatan atau ritual ibadah membutuhkan kekuatan secara fisik. Maka bupati berharap kepada calhaj untuk bisa menjaga kesehatan dan stamina. Terlebih, suhu di Makkah pada musim ini cukup menyengat.

"Menjaga kesehatan diri agar mampu mengikuti semua rangkaian kegiatan ibadah", tambahnya.

Kepada petugas haji yang mendampingi calhaj, bupati meminta, untuk tidak mengurus diri sendiri dan keluarga, namun harus bisa mengatur rombongan agar prosesi ibadah dapat berjalan lancar dari awal hingga akhir.

Pada kesempatan itu, bupati mendoakan agar calhaj selalu dalam kesabaran, kesehatan dan kekuatan selama di tanah suci.

Hanya berbeda rentang waktu , kloter 58 diberangkatkan pada pukul 05.00 WIB, sedangkan kloter 59 pada pukul 7.30 WIB.

Kloter 58 terdiri atas jamaah dari Moh Dahlan Pati, Permata Margoyoso, IPHI Wedarijaksa dan Trangkil, An Nur Kayen, IPHI Winong, Kayen dan Batangan. Total kloter 58 sebanyak 322 calhaj dengan petugas pendamping 3 orang. Keberangkatan menggunakan 8 bus dan 1 ambulan dan 2 unit mobil voreijders Satlantas Polres Pati.

Kloter 59 meliputi jamaah dari Al Khidmah Pati, Zam - Zam NU Gembong dan IPHI Gembong. Total sebanyak 352 calhaj, didampingi petugas haji 3 orang, salah satunya adalah Dr. H. Muhtar Kepala Dispermades Kabupaten Pati. Keberangkatan dengan 5 bus, 1 ambulan dan 2 voreijders.


Pada pagi tadi Rabu (24/7) pukul 00.30 WIB juga telah diberangkatkan kloter 60 meliputi jamaah IPHI Tayu, Dukuhseti, Pati - Margorejo, Tlogowungu, Gabus, Sukolilo, Tambakromo, Jakenan dan IPHI Juwana serta As Salam Juwana. Total 352 calhaj. 

Selanjutnya pada pukul 03.30 diberangkatkan pula jamaah dari IPHI Cluwak dan Gunungwungkal, tergabung dalam kloter 61sebanyak 42 calhaj.

Berikutnya, dijadwalkan pada Minggu (4/8) akan diberangkatkan jamaah kuota tambahan, masuk kloter 96, sebanyak 3 calhaj. Pemberangkatan langsung dari Kantor Kemenag Pati.

Tim liputan :
RM. Usman 
Totok Mujiarto

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.