PEDULI DAMPAK COVID-19, ALUMNI ANGKATAN '76 SMP N 1 SUKOREJO KENDAL 'BERBAGI KASIH'


Alumni-76 SMP N 1 Sukorejo Kendal; Ketua : Cahyono Budi Susilo - Penasehat : Purwadi - Wakil Ketua : Rohadi 

Kendal, RadarMuria.Com
Kepedulian terhadap warga kurang mampu terdampak Covid-19 ditunjukkan Keluarga Besar Alumni Angkatan-76 SMP N (Negeri) 1 Sukorejo Kabupaten Kendal.

Kegiatan sosial bertajuk Berbagi Kasih itu memberikan bantuan berupa sembako dengan sasaran masyarakat kelompok rentan dampak Covid-19.

Ketua Alumni-76 SMP N 1 Sukorejo, Cahyono Budi Susilo, S.Pd mengatakan, terjadinya wabah Covid-19 berdampak pada semua semua sektor, terutama sosial ekonomi.

"Dalam rangka menghadapi dampak itu, kami Alumni-76 sepakat mengadakan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19", terang Cahyono.


Paket sembako donasi Alumni -76 SMP N 1 Sukorejo siap dibagikan kepada masyarakat terdampak Covid-19

Kegiatan itu, menurutnya, sekaligus sebagai pengganti pertemuan rutin setiap tahun yang mereka selenggarakan.

"Alhamdulillah, teman - teman setuju dan akhirnya terbentuk Gerakan Berbagi Kasih", ungkap Cahyono Budi Susilo yang pernah menjabat Kepala UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal.


Penasehat Alumni-76 Ir. H. Purwadi, MM mengatakan, kegiatan sosial itu dalam rangka membantu program pengaman sosial.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati Ir. H. Purwadi, MM - Penasehat Alumni -76 SMP N 1 Sukorejo Kabupaten Kendal

"Program jaring pengaman sosial dari pemerintah ini kan perlu proses yang panjang dan hingga kini mungkin belum terealisasi. Kami masuk (memberi) di awal dalam rangka membantu", ungkap Purwadi yang saat ini menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati.

Ia berharap, penerima bantuan Berbagi Kasih Alumni-76 SMP N 1 Sukorejo itu, nantinya juga mendapat bantuan pogram jaring pengaman sosial dari pemerintah.

"Sehingga bantuan dapat berkelanjutan. Minimal hingga lebaran", lanjutnya.

Wabah Covid-19, Purwadi menilai, berdampak sangat signifikan terhadap masyarakat rentan, antara lain orang usia lanjut, janda, ter-PHK dan pelaku usaha kecil - menengah, karena terbatasnya aktivitas.

"Oleh karena itu, kami tergugah dengan memberi bantuan sembako kepada mereka yang benar - benar membutuhkan. Maka harus selektif", ungkapnya.

Purwadi juga berharap, Gerakan Berbagi Kasih Alumni-76 itu dapat menginspirasi kelompok atau komunitas dan alumni lainnya untuk melakukan kegiatan serupa dengan lokasi dan sasaran yang berbeda.

"Dengan itu, diharapkan ada pemerataan", harap Purwadi.


Warga terdampak Covid-19 merasa terbantu atas kepedulian Alumni -76 dengan Gerakan Berbagi Kasih


Sebanyak 303 paket sembako dibagikan secara bertahap, mulai Rabu sore (13/5) dan akan berlangsung hingga 15 Mei mendatang.

Dibagikan melalui koordinator masing - masing, meliputi Desa Sukorejo, Desa Kebumen dan sekitarnya di Kecamatan Sukorejo.

"Sementara masih terbatas di dua desa  dan sekitarnya tersebut. Belum bisa menjangkau lebih jauh", jelas Purwadi.

Adapun anggarannya, jelasnya lagi, diambilkan dari kas dana sosial alumni sebesar 6 juta rupiah ditambah iuran anggota secara spontan yang kemudian dibelanjakan  sembako sejumlah 303 paket tersebut.


Alumni -76 SMP N 1 Sukorejo - Kompak Seduluran Saklawase

Alumni Angkatan-76 yang beranggotakan 110 orang itu, saat ini tersebar di berbagai kota, yaitu di Kota Sidoharjo, Kediri, Jombang Jawa Timur.

Juga di Kota Karanganyar, Surakarta , Magelang, Semarang, Demak dan Pati Jawa Tengah serta di Jabodetabek.

"Tapi terbanyak ada di Sukorejo Kendal", ujar Purwadi.

Selama ini, tuturnya, Alumni '76 telah banyak bersumbangsih kepada SMP N 1 Sukorejo, tempat mereka bersekolah dulu, dengan kegiatan - kegiatan sosial kemasyarakatan.

Dan untuk membangun komunikasi antar anggota, mereka memanfaatkan grup whatsapp yang diberi nama Grup Alumni SMP N/'76.

Setiap tahun, diadakan pertemuan dalam acara halal bi halal Idul Fitri dan pertemuan rutin 3 bulanan.

SMP N 1 Sukorejo yang telah menelurkan banyak lulusan itu, terletak 35 kilometer dari Kota Kendal, arah ke selatan.

Penulis : RM. Usman

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.