PASTIKAN SITUASI KONDUSIF, FORKOPIMDA PATI MONITORING POSKO LEBARAN 1441 H


Bupati Haryanto bersama Forkopimda cek kesiapan Posko Lebaran di Kabupaten Pati


Pati, RadarMuria.Com
Bupati Pati Haryanto bersama Forkopimda dan Kepala OPD terkait, melakukan monitoring Posko Lebaran, Kamis malam (21/5).

Posko Lebaran di Batangan, Posko Terminal Sleko, Posko Dua Kelinci dan Posko Halte Puri, disambangi untuk cek kesiapan menyambut Idul Fitri 1441 H.

Bupati Haryanto mengatakan, monitoring dimaksudkan untuk memantau situasi keamanan maupun arus kepulangan warga Kabupaten Pati dari perantauan.

"Barangkali ada yang pulang mudik, tapi setelah kami cek ternyata tidak ada. Alhamdulillah situasi aman dan terkendali", ujar bupati. 

Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, pihaknya juga mengaku sudah memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan.

"Minimal memakai masker, jaga jarak dan menghindari kerumunan. Itu bisa memutus mata rantai Covid-19", jelasnya. 



Lebih lanjut bupati menyampaikan, penanganan Covid-19, cukup baik perkembangannya. Dan meminta agar kondisi itu dipertahankan.

"Tadi juga ada dua PDP di RSUD Soewondo yang pulang dalam kondisi sehat. Itu menunjukkan bahwa grafiknya cukup bagus", imbuhnya. 

Terkait pelaksanaan sholat Idul Fitri di Kabupaten Pati, pihaknya sudah rapat dengan Forkopimda, Pengurus Cabang NU, Pengurus Daerah Muhammadiyah dan FKUB. 

"Kita merujuk pada fatwa MUI bahwa melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah itu diperbolehkan. Kalau tetap harus di masjid, maka wajib mentaati protokol kesehatan, yaitu menyiapkan alat pendeteksi suhu, mencuci tangan pakai sabun, jaga jarak minimal 1,5 meter dan pakai masker", ujar bupati.

Namun, apabila hal itu tidak ditaati, sebutnya, maka lebih baik sholat Ied di rumah saja, sesuai aturan dan protap yang dikeluarkan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan bingkisan lebaran kepada petugas Posko Lebaran.

(RM. Usman)
----------------------------------------------------------------------




0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.