HARI PRAMUKA, KONTINGEN KWARCAB PATI IKUTI JAMBORE NASIONAL 2022 DI JAKARTA

Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Pati
H. Sugiono, AP; MSi



Pati, RadarMuria.Com         Hari Pramuka 14 Agustus, selalu diperingati dan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan oleh anggota Pramuka, di seluruh Indonesia.

Salah satunya yaitu Jambore Nasional (Jamnas) 2022 yang diselenggarakan mulai 12 hingga 21 Agustus, di Bumi Perkemahan Pramuka Wiladatika Cibubur Jakarta.

Pada event tersebut, Pramuka Kwarcab Pati mengirimkan 2 kontingen putra dan putri untuk mengikuti Jamnas 2022.

Pemberangkatan kontingen sebanyak 16  anggota Pramuka tingkat penggalang ini, dilakukan pada 10 Agustus lalu, oleh Bupati Pati Haryanto, didampingi Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Pati, Sugiono, di pendopo kabupaten setempat.

"Kontingen Kabupaten Pati untuk Jamnas 2022 telah dilepas oleh pak bupati. Peserta sebanyak 16 orang terdiri atas 8 putra dan 8 putri, dengan 2 pendamping", terang Sugiono, usai acara pemberangkatan tersebut.

Menurut Kak Giono, demikian dia akrab disapa di kalangan Pramuka, kontingen ini berhasil dibentuk setelah dilakukan rekrutmen dan seleksi terhadap siswa dilingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati, serta dilingkup Kemenag Pati.

"Ada dari MTs, SMP Islam dan SMP Negeri. Alhamdulillah, ada 16 personel yang siap diberangkatkan, setelah sebelumnya kita latih meliputi fisik, pengetahuan dan kecakapan dibidang reportase, dokumentase, kehumasan dan lain - lain, sesuai juklak dan juknis Jamnas 2022", terang Kak Giono.

Jamnas 2022 ini, tambahnya, merupakan ajang bergengsi bagi anggota Pramuka tingkat penggalang yang datang dan berkumpul dari wilayah Sabang hingga Merauke, bahkan kontingen dari manca negara.

"Maka, prinsipnya bahwa Kontingen Kabupaten Pati di Jamnas ini harus mampu berkompetisi dan meraih prestasi, serta dapat menjaga nama baik daerah, nama sekolah dan keluarga", pesannya.

Terpilih kembali sebagai Ketua Pramuka Kwarcab Pati periode 2022 - 2027, Kak Giono ingin agar Gerakan Pramuka di Bumi Mina Tani ini semakin maju dan berkembang.

"Tentu melibatkan dinas terkait yang membawahi sekolah tingkat SMA, SMP dan SD, untuk berperan meningkatkan ektrakulikuler Pramuka", ungkap Kak Giono.

Pihaknya pun telah mempersiapkan pelatih - pelatih Pramuka yang memiliki kompetensi dan bersertifikasi, guna mencetak generasi Pramuka yang tangguh, bermental kuat dan berkarakter.

Peran Pramuka selama ini, sebut Kak Giono, sudah cukup baik, yaitu ditunjukkan dengan kegiatan - kegiatan sosial sebagai wujud rasa empati dan kepedulian terhadap lingkungan, terutama di masa pandemi Covid-19 dan peristiwa kebencanaan yang terjadi wilayah Kabupaten Pati.

Banyak prestasi dan penghargaan yang telah diraih Pramuka Kwarcab Pati, atas dedikasi dan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Pada 14 Agustus ini, pihaknya juga diundang ke Jakarta untuk mengikuti upacara peringatan Hari Pramuka Nasional 2022.

(Baginda)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.