AHMADI : SEJAK LAMA PATI MEMILIKI PERADABAN TINGGI

Ketua Yayasan Ki Ageng Penjawi yang juga Ketua Alumni Bergada 26 Permadani Kabupaten Pati, Ahmadi, SPd; MM (posisi kiri) menerima potongan tumpeng tumbuk warsa dari Ketua Permadani, Subawi, SPd; MPd.



Pati, RadarMuria.Com                     Budaya di Kabupaten Pati dinilai telah ada dan telah sejak lama memiliki peradaban yang tinggi, bahkan sebelum berdirinya pemerintahan Keraton Solo dan Yogyakarta.

Fakta sejarah membuktikan, ketika Sultan Hadiwijaya memberi kekuasaan kepada Senopati dari Pajang yaitu Ki Ageng Pemanahan dan Ki Ageng Penjawi, ketika mengalahkan Harya Penangsang, maka Ki Penjawi diberi tanah perdikan Pati (Pesantenan) dan Ki Pemanahan diberi Alas Mentaok, yang berpuluh bahkan beratus tahun kemudian baru berdiri Solo dan Yogyakarta.

Demikian diungkapkan Ketua Yayasan Ki Ageng Penjawi Kabupaten Pati, Ahmadi, disela acara Tumbuk Warsa ke-34 Permadani, yang digelar di SKB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati.

Wakil Ketua Permadani ini mengungkapkan, tumbuk warsa atau ulang tahun ini, menjadi bagian upaya nguri - uri kabudayan Jawa.

"Siapa lagi kalau bukan kita yang uri - uri budaya Jawa. Hal ini juga dalam rangka agar generasi penerus bisa menerima estafet pembinaan dan pengembangan budaya Jawa", ungkapnya.

Mantan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda, yang juga merupakan Ketua Alumni Bergada 26 ini berharap, Permadani semakin maju, berkembang dan kuncara (terkenal).

"Terima kasih kepada pangarsa (pengurus) Permadani, juga para dewan guru yang telah memberikan ilmu tentang budaya Jawa, khususnya pamedar sabda dan pranatacara", tandas Ahmadi.

(Baginda)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.