PATI RAYA SIAP MENJADI TUAN RUMAH PORPROV XVI/2022 JAWA TENGAH

Ketua Koni Kabupaten Pati Edy Buntoro


Pati, RadarMuria.Com
Kabupaten Pati siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) XVI/2022 Jawa Tengah.

Hal itu diungkapkan Ketua Koni (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kabupaten Pati, Edy Buntoro, di sela - sela menerima kunjungan Pengurus Koni Jawa Tengah dan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, beberapa waktu yang lalu.

Kunjungan itu dalam rangka verifikasi kesiapan Pati sebagai tuan rumah Porprov 2022.

Verifikasi dilakukan terhadap beberapa venue (gelanggang olahraga), guna mengetahui kondisi dan kelayakan sebagai arena bertanding.

Antara lain, Lapangan Menembak Janurwendo di Margorejo, Bridge di Safin Hotel, Taekwondo di Hotel Pati, Tenis di Stadion Joyo  Kusumo dan Dayung di Dermaga Silugonggo Kedungpancing Juwana.

Edy Buntoro kepada RadarMuria.Com menjelaskan, verifikasi tersebut dilakukan karena Pati mengajukan usulan menjadi tuan rumah pekan olahraga 4 tahunan tersebut.

Namun demikian, sebut Pak Bun (panggilan Edy Buntoro), tidak seluruh venue dapat disediakan oleh Kabupaten Pati.

Maka nanti, lanjutnya, pertandingan dibagi di beberapa lokasi yaitu Pati,  Jepara, Kudus,  Blora,  dan Grobogan yang disebut Pati Raya. Sedangkan Pati hanya mendapat 8 cabang olahraga yang dipertandingkan, selebihnya di kota lain.

"Prinsipnya, Pati Raya siap menyelenggarakan Porprov 2022. Bahkan tadi, tim verifikasi sempat mengagumi dan memuji venue yang kita miliki. Sangat layak", terang Pak Bun didampingi bidang humas dan publikasi, Agus Prajitno.

Kelayakan tersebut, tidak terbatas pada gelanggang olahraga, tetapi juga dukungan sarana prasarana lain, seperti perhotelan dan transportasi.


Kontingen Kabupaten Pati Pada Porprov XV/2018 Jawa Tengah

Namun demikian, menurutnya, keputusan tempat penyelenggaraan, ada pada Gubernur Jawa Tengah, setelah menerima usulan - usulan tersebut.

Karena, tambah Pak Bun, ada 4 daerah yang mengajukan tempat penyelenggaraan, yaitu Solo Raya, Semarang, Tegal dan Pati Raya.

Kalaupun pada akhirnya Pati Raya ditunjuk sebagai tuan rumah, Pak Bun mengatakan, untuk opening (pembukaan)  dan penutupan Porprov akan ditempatkan di Kudus.

Menjawab pertanyaan, Pak Bun menjelaskan, belum ada target posisi di Porprov mendatang.

Pada Porprov XV/2018 di Solo Raya lalu, sesuai hasil rekapitulasi perolehan medali, Kabupaten Pati menempati rangking 7  se- Jawa Tengah, dengan 22 medali emas, 24 perak dan 34 perunggu.

Adapun cabang olahraga yang menjadi andalan dan mampu meraih medali adalah senam, atletik, dayung, tarung drajat, tinju, karate dan lain - lain.

(RM. Usman)


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.