KERJASAMA ANTAR DESA DORONG PENINGKATAN LAYANAN BUMDES BERSAMA

Wakil Bupati Saiful Arifin Menyalami Para Kepala Desa Dalam Rakor Kerjasama Antar Desa


Pati, RadarMuria.Com
Kerjasama antar desa diharapkan mampu mendorong peningkatan pelayanan Bumdes Bersama, yang telah dibentuk dan berjalan selama 1 tahun ini.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) pada Rapat Koordinasi Kerjasama Antar Desa, bertempat di Ruang Penjawi Setda Pati, Selasa (15/10).

Hadir dalam rapat, Asisten Tata Praja Dr. Muhtar dan Direktur PT. MBSP (Maju Berdikari Sejahtera Pati) Reza Adi Swasono serta para kepala desa di Kabupaten Pati.

"Semoga desa juga ikut mendorong dan memotivasi dalam peningkatan layanan Bumdes Bersama", ujar Safin.

Bila sudah berjalan dengan baik, lanjutnya, keberadaan Bumdes Bersama tidak akan mengurangi dan mengganggu eksistensi Bumdes yang telah ada di desa.

Safin juga mengungkapkan, untuk dapat bersaing dalam bisnis, Bumdes Bersama harus mempunyai permodalan yang kuat.

"Untuk itu saya berharap, perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh desa ini, bisa menjadi perusahaan yang sehat dan besar", harap Safin.

Walaupun tidak ada paksaan bagi desa untuk bergabung di Bumdes Bersama, namun Safin berharap ada kebersamaan tujuan, yaitu memajukan desa.

Sementara itu, Asisten Tata Praja  Dr. Muhtar yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati, menjelaskan, kerjasama antar desa adalah bentuk strategi untuk percepatan pembangunan desa.

"Khususnya adalah pembangunan sektor ekonomi dan sumberdaya manusia, sesuai fokus kebijakan pemerintah", jelas Muhtar.


Bumdes Coworking Space di Jalan Penjawi Pati

Sebagaimana diketahui, Bumdes Bersama yang digagas pada Desember 2018 lalu dan direalisasikan pada April 2019 telah membentuk Korporasi Desa yang saat ini beranggotakan 159 desa di Kabupaten Pati.

Korporasi Desa selanjutnya membentuk suatu badan usaha bernama PT. MBSP yang bergerak di bidang klinik kesehatan dengan nama Klinik Pratama Bumdes Sehat, bidang infrastruktur dibawah PT. Mitra Desa Pati (anak perusahaan) dan bidang bisnis lainnya dibawah manajemen Bumdes Coworking Space. 

Kedudukan Korporasi Desa dalam perusahaan itu sendiri adalah sebagai Komisaris Perusahaan, mewakili para pemegang saham.

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.