BUMDES COWORKING SPACE - MENCIPTAKAN DAN MEMBANGUN EKOSISTEM KERJA

Kantor Bumdes Coworking Space di Jalan Penjawi 19A Pati


Pati, RadarMuria.Com
Kabupaten Pati yang memiliki 401 desa dan ratusan komunitas serta individu yang potensial untuk menjalankan sebuah bisnis.

Namun, karena kurang ruang dan pengarahan, menjadi kendala untuk mengembangkan potensi tersebut.

Maka, kehadiran Bumdes Coworking Space bisa menjadi solusi untuk mengurai kendala dalam mengembangkan potensi dimaksud.

Bumdes Coworking Space merupakan sebuah tempat yang bertujuan menciptakan dan membangun ekosistem kerja atau usaha yang produktif bagi masyarakat Kabupaten Pati.

Dalam kegiatannya, Bumdes Coworking Space berada dibawah manajemen PT. MBSP (Maju Berdikari Sejahtera Pati), berkantor di Jalan Penjawi 19A Pati.


Direktur Operasional PT. MBSP Brian Cahyo Adyanto, SM 

Direktur Operasional PT. MBSP, Brian Cahyo Adyanto, SM  kepada RadarMuria.Com pada Jumat (11/10) di kantor tersebut mengatakan, keberadaan Bumdes Coworking Space adalah menyediakan fasilitas untuk pengembangan bisnis atau usaha, utamanya sektor ekonomi desa.

"Adapun programnya meliputi Inkubasi Bisnis, Pelatihan dan Penyelenggaraan Event", terang Brian.

Untuk mendukung dalam pencapaian program itu, lanjutnya,  Bumdes Coworking Space menyediakan ruang dan tempat serta membuat agenda kegiatan di dalamnya.

Fasilitas yang tersedia di Bumdes Coworking Space meliputi meeting room, komunitas, event dan game serta coffe & snack, dilengkapi Wifi.

Terdapat pula Private Meeting Package yang menyediakan fasilitas berupa projector, whiteboard, Wifi dan air minum mineral.

"Bagi para komunitas, dapat memanfaatkan space yang tersedia, pada hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 08.00  sampai 22.00 WIB. Kapasitas mencapai 70 kursi", imbuh Brian.


Kegiatan Meeting Komunitas di Bumdes Coworking Space

Komunitas dapat melakukan reservasi (pemesanan) 2 hari sebelumnya, dengan menghubungi wa (whats up) 081226077563 atau email : bumdescoworking@gmail.com.

Selain Bumdes Coworking Space, PT MBSP juga membangun anak perusahaan bernama PT. Mitra Desa Pati, bergerak dibidang perdagangan dengan produk utama yaitu semen.

Perusahaan tersebut kepemilikan sahamnya oleh desa - desa di Kabupaten Pati dan  PT. MBN (Mitra Bumdes Nusantara). 

Juga, Klinik Pratama Bumdes Sehat, merupakan klinik yang didirikan oleh Bumdes Bersama Mandiri Sejahtera.

Tujuan didirikan klinik tersebut adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Pati.

Permodalan Klinik Pratama Bumdes Sehat saat ini adalah penyertaan saham dari 159 desa di Kabupaten Pati, dengan nilai saham bervariatif, masing - masing dimulai 20 juta rupiah.

Dimulai 20 Desember 2018 dan direalisasikan pada bulan April 2019, Klinik Pratama Bumdes Sehat telah beroperasi di 5 tempat dari 12 unit yang diproyeksikan.

Yaitu, di Pati Jalan Panunggulan 230, Trangkil di Jalan Pabrik Gula Trangkil, Wedarijaksa di Jalan Raya Jetak turut Desa Jatimulyo, Margoyoso Jalan Raya Pati - Tayu Km. 17 Waturoyo dan Tlogowungu di Desa Tlogorejo.

(RM. Usman)

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.