TMMD SENGKUYUNG TAHAP III/2019 KABUPATEN PATI RESMI DIBUKA

Bupati Pati H. Haryanto Menandatangani Nota Kerjasama Antara Pemkab Pati Dengan Kodim 0718/Pati Dalam Pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap III/2019


Pati, RadarMuria.Com
TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Sengkuyung Tahap III Tahun 2019 Kabupaten Pati, resmi dimulai.

Upacara Pembukaan TMMD diselenggarakan di Desa Kudur Kecamatan Winong, dihadiri Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan bersama Forkopimda dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pati, yang terkait, serta Muspika Winong, pada Rabu (2/10).

Bupati Pati H. Haryanto selaku Inspektur Upacara dalam pembacaan amanat Gubernur Jawa Tengah mengatakan, kegotongroyongan dan kebersamaan harus kembali diteguhkan dalam aksi nyata melalui TMMD Tahap III (Reguler 106 dan Sengkuyung III) Tahun 2019 Provinsi Jawa Tengah.


Bupati Pati H. Haryanto Bersama Dandim 0718/Pati Letkol Arief Darmawan, S. Sos Meninjau Lokasi Sasaran TMMD Dengan Mengendarai Jeep

Program TMMD, lanjut amanat, merupakan bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotongroyongan untuk mengatasi persoalan - persoalan kebangsaan.

"Sebab mengatasi kemiskinan dan pengangguran, mewujudkan daulat pangan dan energi, memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, pemberantasan narkoba, memperkuat semangat nasionalisme dan patriotisme; semua itu tidak  mungkin hanya mengandalkan peran pemerintah pusat saja atau TNI dan Polri atau juga pemerintaah daerah saja", sebut amanat.

Tetapi, semua mesti bersinergi dan bekerjasama dengan rakyat untuk mentelesaikan persoalan tersebut.

"Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, pemerintah pusat dan daerah melalui TMMD inilah, menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa dengan menggali dann mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu atau persoalan terkini dengan solusi", sebut Gubernur Jawa Tengah dalam amanat.

Gubernur juga mengungkapkan harapan dan keinginannya agar seluruh desa di Jawa Tengah semakin maju dan mandiri.

"Desane maju, fasilitas pelayanan dasar masyarakate komplut, SDM mmakin berkualitas, mandiri, punya spiritual tinggi, nggak ada narkoba, kreatif dan inovatif serta berkarakter kebangsaan yang kuat. Lan sing ora kalah penting, kebudayaane tansah lestari. Itu baru luar biasa", harap gubernur dengan dialeg bercampur bahasa Jawa.

Sementara itu, Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Arief Darmawan menjelaskan, pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran 2019 Kabupaten Pati dilaksanakan di 2 desa, yakni Desa Kudur Kecamatan Winong dan Desa Giling Kecamatan Gunungwungkal.

Sasaran fisik meliputi betonisasi, pembuatan talud dan sasaran tambahan pembuatan gorong - gorong serta rehab rumah tidak layak huni.

"Untuk target waktu penyelesaian direncanakan sebelum 31 Oktober. Saat penutupan diharapkan semua sasaran telah rampung", jelas Letkol Arief Darmawan.

Selain sasaran fisik, lanjut Dandim, ada juga sasaran non fisik, yaitu berbagai penyuluhan dan pelayanan masyarakat, yang melibatkan stakeholder terkait.

Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III/2019 mengambil tema "Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan".

(RM. Usman)

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.