SEMANGAT BELA NEGARA WUJUDKAN SDM TANGGUH DAN UNGGUL


Pencanangan 'Desa Candi' Bersih Narkoba Desa Klecoregonang Kecamatan Winong


Pati, RadarMuria.Com-     Semangat Bela Negara Wujudkan SDM (Sumber Daya Manusia) Tangguh dan Unggul menjadi tema  Hari Peringatan Bela Negara ke-27 Tahun 2020.

Upacaranya dilaksanakan secara nasional melalui video conference (vidcon) yang digelar oleh Kementerian Pertahanan RI dan  diikuti  kementerian lainnya, lembaga negara, pemerintah provinsi dan kabupaten seluruh Indonesia.

Untuk tingkat Kabupaten Pati, diselenggarakan di pendopo setempat dihadiri Forkopimda, Sekda, Badan Kesbangpol dan OPD lainnya.

Setelah upacara, dilanjutkan pencanangan 'Kampung Candi' Bersih Narkoba di Klecoregonang Kecamatan Winong sebagai Desa Bebas Narkoba.

Pencanangan dilakukan oleh Wakil Bupati Pati Saiful Arifin bersama Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat, SIK.


Dipilihnya Klecoregonang, karena desa tersebut bersih dari peredaran narkoba maupun miras.

Juga tidak ditemukan  warga atau pemuda sebagai pengedar maupun pecandu / pengguna narkoba dan obat - obat terlarang lainnya.

Demikian dikatakan Plt Kepala Kesbangpol Kabupaten Pati, Susanto, usai mengikuti upacara Hari Bela Negara, Sabtu (19/12), kepada RadarMuria.

"Pencanangan Desa Bebas Narkoba juga wujud manisfestasi bela negara oleh pemuda dan masyarakat setempat yang memiliki karakter kuat yaitu tidak terkena narkoba", jelas Susanto.

Dia juga berharap, seluruh pemuda di Kabupaten Pati secara bersama - sama menjaga diri dan lingkungan terhadap bahaya narkoba.

"Pati supaya bisa eksis berjuang mengisi pembangunan agar kesejahteraan masyarakat bisa terwujud", harapnya.

Dalam kesempatan itu,  Susanto meyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Ganas Pati, salah satu ormas di Bumi Mina Tani yang eksis mendorong dan mengajak pemuda untuk tidak memakai narkoba.

"Begitu pula ormas - ormas lainnya yang ada dibawah pembinaan Kesbangpol Pati untuk bisa mandiri sesuai tupoksinya masing - masing dan  mendorong anggotanya untuk berkarya. Karena, ini juga bagian dari bela negara", jelas Susanto.

Di masa pandemi Covid-19 ini, dia juga mengajak berbagai elemen untuk melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 dengan memberi sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan  protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran virus corono di Kabupaten Pati.

"Ini juga bagian dari bela negara. Jangan diartikan sempit, hanya memanggul senjata melawan musuh. Melaksanakan tugas sehari - hari secara profesional juga termasuk bela negara. Oleh karena itu, Selamat Hari Bela Negara, semoga NKRI tetap jaya", ujar Susanto.

(RM. Usman)

--------------------------------------------------------------------------




0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.