PILKADES SERENTAK GELOMBANG 1 TAHUN 2021 KABUPATEN PATI BAKAL DIIKUTI 219 DESA

Bupati Pati H. Haryanto bersama Wakil Bupati H. Saiful Arifin



Pati, RadarMuria.Com-            Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang 1 Tahun 2021 di Kabupaten Pati bakal dikuti 219 desa yang tersebar di 21 kecamatan.

Pilkades itu akan dilaksanakan pada 10 April 2021 dengan mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 72 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati (Perbup) Pati Nomor 88 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilkades di Masa Pandemi, yang baru saja ditandatangani Bupati Haryanto.

"Tapi ini masih belum cukup. Harus dilengkapi lagi dengan Keputusan Bupati beserta petunjuk teknis yang belum terakomodir di Perbup. Tujuannya agar pelaksanaan pilkades nanti bisa berjalan sesuai tahapan", terang Bupati Haryanto saat Sosialisasi Pilkades Serentak Gelombang 1 Tahun 2021 di pendopo kabupaten, Senin (21/12).

Haryanto juga menyebut, anggaran pilkades selain dari APBDes, juga akan disubsidi  dalam bentuk bantuan keuangan melalui APBD Kabupaten Pati dengan memperhatikan aspek keadilan, kecukupan dan menjamin afektifitas serta efisiensi penganggaran.

"Pemda Pati mendukung dengan menganggarkan melalui APBD sebesar 11.625 miliar rupiah yang dialokasikan ke- 219 desa tersebut", lanjut bupati.

Penganggaran itu, jelasnya, tidak lagi berdasarkan jumlah penduduk, tetapi dengan menentukan batasan maksimal jumlah penduduk yang datanya diperoleh dari Disdukcapil Kabupaten Pati.

Haryanto juga memerinci jumlah dukungan anggaran yang akan diterima desa penyelenggara pilkades. Yaitu, bagi desa dengan penduduk sampai 2.000 orang, maka akan menerima dukungan anggaran paling banyak 35 juta rupiah. Jumlah antara 2.001 hingga 3.000 orang memperoleh 45 juta rupiah dan  jumlah penduduk 3.001 hingga 4.000 orang, memperoleh 55 juta rupiah.

Kemudian jumlah penduduk 4.001 hingga 5.000 orang akan memperoleh 65 juta rupiah. Dan jika terdapat lebih dari 5.000 orang, maka akan memperoleh 75 juta rupiah.

Dia menekankan, agar segala bentuk penganggaran baik dari APBD maupun APBDes, dihitung dengan sebenarnya - benarnya.

Juga memperhatikan batas maksimal penggunaan anggaran disesuaikan kebutuhan yang ada.

"Terutama untuk keperluan peralatan protokol kesehatan. Semua harus dipersiapkan dari jauh - jauh hari, agar pilkades nanti terselenggara secara aman, lancar dan kondusif", harap Bupati Haryanto.

Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin menambahkan, dengan regulasi dan aturan yang ada, pilkades diharapkan berjalan kondusif dan demokratis.

"Jadi dengan regulasi aturan yang tadi sudah disampaikan, maka di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, mari bersama kita berusaha untuk menyelenggarakan pilkades dengan tetap menjaga kondusifitas, menjaga momentum pilkades yang demokratis untuk satu tujuan. Yaitu, untuk kesejahteraan masyarakat", tutup Saiful Arifin.

Selain pilkades, juga ada tambahan 3 desa yang kategori PAW (Pergantian Antar Waktu) yaitu Desa Margomulyo dan Bumirejo Kecamatan Juwana serta Desa Pakis Kecamatan Tayu.

(RM. Usman : fn3/FN/MK).

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 5M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagai mana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan KYAI MANSUR ALI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi kata Pak.KYAI pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 7Miliyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 7M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi KYAI MANSUR ALI Di Tlp 0853-2415-9769 Atau Kunjungi Situs KYAI https://pesugihanuanggaibasli69.blogspot.com/ agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI MANSUR ALI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete

Powered by Blogger.