MUSLIMAT NU GELAR PELATIHAN UMKM DALAM RANGKA PENGUATAN EKONOMI UMAT

Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin 


Pati, RadarMuria.Com-    Muslimat NU Cabang Pati menggelar Pelatihan UMKM sekaligus penandatanganan MoU antara pimpinan organisasi tersebut dengan lembaga UMKM, Rabu (18/11).

Acara bertempat di Ruang Penjawi Setda Pati itu dibuka oleh Wakil Bupati Saiful Arifin dan dihadiri Pimpinan Cabang Muslimat NU, perwakilan Muslimat NU dari 21 kecamatan serta 13 pelaku UMKM di Kabupaten Pati.

Saiful Arifin mengapresiasi kegiatan itu yang bertujuan untuk menguatkan ekonomi umat.

"Jumlah anggota Muslimat NU sebanyak 20 ribu orang itu selain berorganisasi juga bisa saling mempromosikan penjualan, membangun jaringan dan relasi serta membeti manfaat dan keberkahan kepada sesama anggota Muslimat NU", tutur Saiful.

Penandatanganan MoU antara Pimpinan Cabang Muslimat NU dengan UMKM


Dalam kondisi resesi saat ini, ungkapnya, semua dituntut tetap bergerak maju dengan memanfaatkan teknologi, yaitu sistem online.

"Resesi ekonomi ini jangan dipikirkan jeleknya saja. Tetapi justru ambillah sebagai momentum untuk memulai usaha lewat UMKM Online. Manfaatkan dengan baik Muslimat NU Online yang dimiliki. Sehingga hasilnya nanti bisa membantu pengembangan organisasi dan ekonomi keluarga", ungkap Saiful.

Dia menegaskan, Pemerintah Kabupaten Pati sangat memperhatikan pengembangan UMKM yang ada.

"UMKM adalah pilar yang menjadi tumpuan kita ke depan. Jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia, UMKM kita memang masih rendah", ujarnya.

Oleh karena itu, Saiful mengajak penguatan bidang UMKM dan membuktikan kemampuan daya jual produk.

Apalagi, menurutnya, dengan adanya Muslimat NU Online tersebut, akan membantu penjualan produk tidak hanya di wilayah Kabupaten Pati, tetapi juga ke daerah lain.

Saiful berharap, kegiatan itu tidak sekadar seremonial, namun harus dikongkritkan dengan saling bertransaksi antar anggota.

"Selain itu, UMKM juga bisa bekerja sama dengan Pemkab Pati, Pemprov bahkan pemerintah pusat. Hal seperti ini pasti akan diidamkan oleh semua kalangan. Karena UMKM yang kuat dapat memberikan kontribusi bagi ekonomi keluarga yang sejahtera", jelas Saiful Arifin.

Ketua Pimpinan Cabang Muslimat NU, Umiyani menjelaskan, organisasi yang dipimpinnya itu berhasil menggandeng 13 UMKM di Kabupaten Pati untuk berkontribusi dalam penguatan ekonomi muslimat.

"Selain nengajak kerjasama UMKM, pada Desember nanti kami juga akan launching Muslimat NU Online untuk mendukung kinerja UMKM tersebut. Sehingga karenanya kami juga akan mengadakan pelatihan IT agar anggota muslimat NU bisa mengembangkan dan menyosialisasikan Muslimat NU Online ini", jelas Umiyani.

(RM. Usman : fn3/FN/MK)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.