JAGA KELESTARIAN HUTAN, BUPATI PATI AJAK MASYARAKAT TANAM POHON BERSAMA

Bupati Pati ajak masyarakat jaga kelestarian hutan dengan tanam pohon bersama.


Pati, RadarMuria.Com-      Bupati Pati, Haryanto, mengajak masyarakat melakukan penanaman pohon guna menjaga kelestarian hutan.

Ajakan itu disampaikan bupati saat menghadiri Penanaman Pohon Bersama di Wisata Bukit Pandang Kecamatan Kayen, Kamis (5/11).

Hadir Wakil Bupati Saiful Arifin, Sekda Suharyono, Administratur (Adm) Perhutani KPH Pati, ormas dan pegiat lingkungan.

Bupati Haryanto mengatakan, kegiatan itu merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Pati dalam menggerakkan masyarakat agar peduli terhadap lingkungan.

Bupati merasa prihatin atas kondisi hutan yang gundul di wilayah Pegunungan Kendeng itu, yang kerap menimbulkan bencana banjir.

"Keadaan hutan yang seperti ini merupakan akibat dari penebangan pohon dan tidak ada usaha untuk reboisasi setelahnya", ungkap bupati.

Hal itu, lanjutnya, dapat berdampak pada berkurangnya tingkat penyerapan air, yang ketika musim hujan tidak bisa ditahan oleh akar pohon.

Haryanto berharap, masyarakat dapat menanam pohon yang juga bisa dinikmati, misal pohon buah.

Tanaman seperti itu, pasti akan dipelihara, dirawat dan dilindungi. Sedangkan jika hanya menanam tanaman keras, justru sangat berpotensi untuk ditebang lagi di kemudian hari

"Tanaman - tanaman yang ada di Kabupaten Pati semuanya sudah terdata di inventarisasi aset. Jadi jika ditebang, maka harus dikembalikan atau ditanam lagi. Jika ada yang mencoba - coba untuk memotong tanpa izin, pasti akan ketahuan. Karena kita sudah tahu jumlahnya berapa", jelas bupati.

Menanam pohon, menurutnya, manfaatnya tidak hanya untuk generasi sekarang, namun juga untuk anak cucu ke depan.

Maka, bupati berharap, agar para pegiat lingkungan dapat menggerakkan penanaman pohon, terutama menjelang musim penghujan ini.

"Saya juga ikut berupaya di sisa masa jabatan yang tinggal 1 tahun 10 bulan ini, untuk mengadakan gerakan Setiap Rumah Satu Pohon melalui anggaran APBD. Nanti 2021 kita alokasikan pembagian bibit buah untuk setiap rumah warga", tutur bupati.

Kepada masyarakat Kayen, bupati berpesan, agar bisa berupaya melestarikan dan menjaga hutan yang ada.

Adm Perhutani Pati, Edrian Sunardi, juga mengajak semua pihak untuk bersama - sama menjaga kelestarian lingkungan.

"Seluruh unsur masyarakat juga diminta untuk merasa memiliki hutan sehingga dapat ikut menjaga kelestarian hutan, khususnya di wilayah Pegunungan Kendeng", ajak Edrian.

Langkah yang utama dalam mencegah gangguan keamanan hutan, ungkap Edrian, yaitu adanya masyarakat yang sadar pentingnya fungsi hutan bagi kehidupan", jelas Edrian.

(RM. Usman : fn3/ FN/MK)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.