BADAN KESBANGPOL PATI : LSM MENUNJUKKAN PERAN DAN FUNGSI SEMAKIN BAIK

Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Pati Drs. Susanto, MM


Pati, RadarMuria.Com - Keberadaan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) di Kabupaten Pati, saat ini menunjukkan peran lebih baik dalam fungsi pengawasan masyarakat.

Demikian dikatakan Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Pati, Susanto, di kantornya Jalan Kol Sugiyono kepada RadarMuria, baru - baru ini.


LSM yang dibentuk oleh masyarakat, lanjut Susanto, punya peran penting yaitu turut serta dalam pembangunan daerah menuju kesejahteraan masyarakat.

"Apalagi, baru saja Kabupaten Pati memperingati Hari Jadi yang ke-697 dan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, beberapa LSM  turut menyemarakkan dengan memasang spanduk ucapan di seputar Alun - alun Simpang 5 dan tempat strategis lainnya di Kota Pati", terang Susanto.

Puluhan spanduk LSM yang tercatat dan dibawah pembinaan Badan Kesbangpol Kabupaten Pati itu, sebut Susanto, sebagai bentuk apresiasi dan merupakan hasil kerja sama ke-2 pihak.

"Pemasangan spanduk itu memang kami himbau, sebagai bentuk motivasi kecintaan terhadap Pati Bumi Mina Tani dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)", ungkapnya.


Susanto berharap, peran LSM di Kabupaten Pati dapat ditingkatkan dengan program - program pemberdayaan masyarakat dan mampu mandiri tanpa harus menggantungkan pihak lain.

Namun demikian, pihaknya juga menyesalkan adanya oknum LSM yang bertindak dan melaksanakan kegiatan tidak sesuai tupoksinya.

"Ada oknum yang berlaku seperti itu. Tentu ini membawa dampak tidak baik di tengah masyarakat", ujar Susanto.

Menurutnya, ada ratusan LSM di Kabupaten Pati dengan berbagai latar belakang yang mendasari pembentukannya.

Namun secara umum, tambah Susanto, lembaga tersebut dibentuk dan dibangun berangkat dari idealisme kelompok  masyarakat.

Susanto juga meminta kepada semua pihak, apabila ada oknum LSM yang menyalahgunakan kewenangan dan bertindak justru merugikan masyarakat, untuk tidak segan - segan menghubunginya.

"Saya akan terjun sendiri untuk menangani persoalannya", tegas Susanto.

Penulis : RM. Usman

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.