MBAH DADIGUNO TEMPATI RUMAH BARU HASIL REHAB KODIM 0718/PATI


Dandim 0718/Pati Letkol CZi Adi Ilham Zamani menyerahkan kunci rumah hasil rehab RTLH


Pati, RadarMuria.Com-   Mbah Dadiguno warga Rt 05 / 05 Desa Bulumulyo Kecamatan Batangan merasa bahagia karena menempati rumah baru hasil rehab Kodim 0718/Pati.

Kegiatan rehab rumah penyandang disabilitas tuna rungu dan wicara itu, merupakan rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-75 TNI yang digelar Kodim Pati.

Penyerahan kunci rumah pun dilakukan oleh Dandim 0718/Pati Letkol CZi Adi Ilham Zamani bersama Forkompimcam Batangan dan Pemerintah Desa Bulumulyo, Jumat (25/9).

Sebelum direhab, rumah terbuat dari kayu itu kondisinya sangat memprihatinkan, karena sudah lapuk dan genteng banyak yang bocor bila turun hujan. Bahkan sudah satu tahun terakhir tidak dihuni, karena tidak layak dan takut roboh.

Setelah mendapat perhatian pemerintah desa setempat yang bersinergi dengan Koramil 15/Batangan serta donatur, akhirnya dibangun rumah berukuran 4 x 8 meter persegi dengan dinding berbahan bata putih, atap asbes dan lantai cor semen.

Letkol Adi mengatakan,  kegiatan bakti sosial itu merupakan rangkaian peringatan HUT ke-75 TNI yang mengambil tema 'Sinergi Untuk Negeri'.

"Kalau tahun sebelumnya biasanya HUT TNI digelar acara hiburan, seni budaya dan olahraga bersama, tetapi karena pandemi Covid-19 yang membatasi adanya pengumpulan massa, kita gelar bakti sosial", terang Dandim.

Bakti sosial yang digelar Kodim Pati, sebut Dandim, salah satunya yaitu rehab rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 22 unit yang dibagi tiap - tiap kecamatan di wilayah Kabupaten Pati.

"Alhamdulillah, hari ini rehab RTLH di Desa Bulumulyo Kecamatan Batangan sudah selesai. Saya mengucapkan terima kasih kepada Camat, Kapolsek, Kepala Desa, Kepala BKK serta semua pihak yang telah membantu", ucap Letkol Adi.

Bakti sosial lainnya antara lain donor darah, bantuan sembako dan bantuan air bersih bagi yang membutuhkan.

Kepala Desa Bulumulyo, Mulyono, sekaligus mewakili Mbah Dadiguno, menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan.

"Alhamdulillah, proses pekerjaan yang dimulai 4 September secara gotong royong oleh warga, pemdes dan dimotori oleh anggota Koramil Batangan, hari ini sudah selesai dan diserahkan kunci rumah untuk Mbah Dadiguno", ucap Mulyono.

Dia juga mengungkapkan, sumber pendanaan diperoleh dari para donatur masyarakat sekitar, Pemdes Bulumulyo, BKK Batangan dan terutama dari Koramil setempat, sebesar 10 juta rupiah.

(RM. Usman : Snpt/Pendim)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.