IKUTI MASA OPK, MAHASISWA STTP TERIMA MATERI WAWASAN KEBANGSAAN

Kasdim 0718/Pati Mayor Inf Much. Sholihin memaparkan materi Wawasan Kebangsaan secara daring.



Pati, RadarMuria.Com- Sebanyak 37 mahasiswa baru STTP (Sekolah Tinggi Teknik Pati) menerima materi Wawasan Kebangsaan dalam masa OPK (Orientasi Pengenalan Kampus), Selasa (15/9).

Materi Wawasan Kebangsaan disampaikan secara daring oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0718/Pati Mayor Inf Much Sholihin, S.Ag; M.Si.

Kegiatan itu juga diikuti 52 mahasiswa semester 3 dan 5, yang dipandu oleh Dosen STTP, Nuri, M. Pd.

Selain Wawasan Kebangsaan, materi lainnya yaitu Pengenalan Narkoba dari Satgas Anti Narkoba Polres Pati, Sukses PKM (Praktek Kerja Mahasiswa) oleh Dosen Udinus dan Universitas Peradaban.

Dalam kesempatan itu, Mayor Sholihin mengulas sejarah terbentuknya NKRI yang dimulai dari jaman Sriwijaya dan Majapahit hingga keruntuhan 2 kerajaan besar tersebut, akibat perang saudara.

Kasdim berpesan agar mahasiswa tetap semangat dalam menghadapi kondisi saat ini, ditengah Covid-19.

Masa OPK, mahasiswa STTP mengikuti pemaparan materi Wawasan Kebangsaan secara daring


"Kondisi ini merupakan kondisi yang tidak pernah dialami oleh generasi sebelumnya. Adik - adik mahasiswa mengawali perkuliahan dengan memanfaatkan teknologi. Maka dari itu kita lihat dari sisi positifnya", terang Kasdim.

Kasdim juga meminta, mahasiswa dapat memanfaatkan teknologi dan mencari peluang positifnya.

"Jangan pernah mengeluh dengan kondisi saat ini dan jangan lupakan karakter yang telah dibentuk oleh keluarga, guru dan lingkungan kita. Hal itu, menurutnya, akan memberikan makna bagi mahasiswa.

"Pembelajaran di kampus itu dalam rangka mengembangkan karakter, maka temukanlah karakter kalian dan kembangkan", jelas Mayor Sholihin.

Dosen 3D Ilustrasi dan Desain Multimedia STTP, Zaenal Abidin, S. ST; M. Kom mengatakan, kampus STTP di Jalan Raya Pati - Tayu Km 4.5 turut Desa Ngepungrojo Kecamatan Pati berdiri pada 2018 dan hingga kini merupakan angkatan ke-3 dengan jumlah total 120 mahasiswa.

"Terkait dengan pandemi Covid-19, kegiatan perkuliahan saat ini dengan sistem daring memanfaatkan teknologi. Seperti yang sedang diikuti oleh mahasiswa OPK yang bertujuan untuk pengenalan kampus", ujar Zaenal Abidin.

Dia juga berharap, kerjasama antara STTP dengan Kodim Pati selalu terjalin baik.

(RM. Usman : Snpt/Pendim)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.