SERATUS PEKERJA KONSTRUKSI DI PATI MENGIKUTI DIKLAT DAN UJI SERTIFIKASI


Pembukaan Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Konstruksi Tingkat Terampil Tukang Bangunan di Kabupaten Pati


Pati, RadarMuria.Com.                Sebanyak 100 pekerja konstruksi atau tukang bangunan yang tinggal di wilayah Kabupaten Pati, mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) serta uji sertifikasi.

Diklat digelar selama 2 hari, mulai Jumat (03/12) dan Sabtu (04/12), di Gedung Pemberdayaan Desa Plangitan Kecamatan Pati.

Kegiatan bertajuk Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Tingkat Terampil Tukang Bangunan di Kabupaten Pati ini, merupakan inisiasi Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Sudewo, ST; MT bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR RI.

Peserta diklat menerima pelajaran teori dan praktek (studi kasus) dari instruktur yang kompeten dibidangnya, selanjutnya diuji sertifikasi.

Anggota Komisi V DPR RI, Sudewo mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk kepeduliannya terhadap peningkatan sumber daya manusia bidang konstruksi dan bangunan yang ada di Kabupaten Pati.

Peserta diklat menerima materi teori yang disampaikan instruktur dari Politeknik Negeri Semarang, Supriyadi.


Sebagai wakil rakyat asli daerah Kayen Pati, Sudewo berpandangan, kualitas SDM masyarakat harus ditingkatkan melalui pelatihan dan pendidikan sesuai bidang atau keahlian masing - masing.

"Dengan pendidikan dan pelatihan serta uji sertifikasi ini diharapkan tenaga konstruksi atau tukang bangunan akan mempunyai standar dan kompetensi sesuai yang diharapkan pemberi jasa konstruksi", kata Sudewo.

Ke depan, lanjutnya, kegiatan - kegiatan pembangunan yang dibeayai oleh APBN maupun APBD berbasis padat karya, dapat memanfaatkan tenaga atau tukang yang telah dididik dan dilatih tersebut.

Sudewo berharap, peserta dapat mengikuti diklat dengan baik dan mampu mengambil ilmu yang diberikan dan mengaplikasikannya di lapangan.

"Diklat dan Uji Sertifikasi ini bisa menjadi bekal mereka dalam melaksanakan pekerjaan - pekerjaan yang diberikan", tutur Sudewo.

Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya, Eddy Irwanto, ST; M.Tech dalam laporan mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi pengakuan atas kompetensi peserta meliputi aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam rangkaian kegiatan Pembekalan dan Uji Sertifikasi.

Adapun tujuannya, tambah Eddy, antara lain, menghasilkan peserta yang kompeten dibidang konstruksi, meningkatkan daya saing, menjamin aspek legal formal peserta dan menjamin pelaksanaan kegiatan sesuai standar dan kompetensi yang berlaku.

"Untuk itu kami berterima kasih kepada Pak Sudewo yang telah menginisiasi kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM Konstruksi, khususnya di Kabupaten Pati. Dan selanjutnya, diharapkan dapat memberi kontribusi dalam pemenuhan kebutuhan SDM konstruksi di Indonesia", ucap Eddy.

Pembukaan diklat ditandai penyematan kelengkapan keselamatan kerja kepada perwakilan peserta oleh Kepala DPUTR Kabupaten Pati yang diwakili Sekretaris, Kristina Inti Retnoningrum dan Kepala Desa Plangitan, Agung Hadi Yuli Setiawan.

Kegiatan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan dan setiap peserta diwajibkan mengikuti tes antigen (swab) ditempat, yang dilakukan oleh dokter dan tenaga kesehatan dari Klinik Sehati Pati.

(RM. Usman :/ Guz Heru)



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.