PENGURUS DPD ABPEDSI KABUPATEN PATI RESMI DIKUKUHKAN


Pengukuhan DPD ABPEDSI Kabupaten Pati masa bakti 2021 - 2026, yang diketuai Soegiharto, AMa.Pd



Pati, RadarMuria.Com                Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ABPEDSI (Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia) Kabupaten Pati dikukuhkan, Kamis (16/12/21).

Acara berlangsung di Pendopo Kabupaten Pati, dihadiri Bupati Haryanto bersama Forkompimda, Kepala OPD terkait, para Camat, Ketua ABPEDSI Provinsi Jawa Tengah, Pasopati, Papdesi, PPDI dan Permandes.

Bupati Pati, Haryanto dalam sambutan mengucapkan selamat atas pengukuhan pengurus organisasi yang menjadi wadah bagi anggota BPD tersebut.

"Selamat kepada pengurus yang telah dikukuhkan, semoga dapat bekerja dengan sebaik - baiknya", ucap bupati.

Pihaknya juga mengajak Pengurus ABPEDSI untuk lebih memahami tugas pokok dan fungsinya. Untuk itu, bupati mendorong dilaksanakannya diklat  bagi anggota BPD agar lebih profesional.

"Untuk kesejahteraan anggota BPD, akan dipertimbangkan secara bertahap, melalui APBD", tutur Bupati Haryanto.



Ketua DPD ABPEDSI Kabupaten Pati, Soegiharto mengatakan, dibentuknya ABPEDSI bertujuan untuk mewujudkan anggota BPD yang cerdas dan berwibawa dalam melaksanakan fungsi pemerintahan di tingkat desa, sesuai regulasi yang ada.

"Sebagai pendampingan untuk mewujudkan anggota BPD yang cerdas dan berwibawa dalam menjalankan fungsinya. Bukan sebagai tandingan kelembagaan dalam lingkup pemerintahan desa", terang Soegiharto yang juga Ketua BPD Desa Kebowan Kecamatan Winong.

Selain itu, tambahnya, yaitu mewujudkan fungsi koordinasi, komunikasi dan penyamaan persepsi yang baik sehingga timbul rasa nyaman, aman dan kondusif.

"Serta untuk mempererat kemitraan antara BPD dengan Pemerintah Desa, demi kepentingan masyarakat dan pembangunan", tambahnya.

Mantan Kepala Desa Kebowan itu juga menyambut baik dilakukannya diklat dan bimbingan teknis bagi anggota BPD dalam rangka peningkatan SDM yang cerdas dan berwibawa.

"Juga mohon peningkatan kesejahteraan anggota BPD, yang selama ini masih di bawah standar UMK Kabupaten Pati", ungkap Soegiharto.

Dalam kesempatan itu, dia berpesan kepada jajaran, agar dalam menjalankan tugas disesuaikan dengan tupoksi dan bertumpu pada regulasi.

"Abdikan dirimu untuk ibu pertiwi. Dengan pengabdian dan dedikasi yang tinggi, selain dapat bermanfaat untuk masyarakat, juga bermanfaat untuk dirimu sendiri", pesan Soegiharto.

Dia pun mengingatkan pepatah Jawa agar dipedomi yaitu 'Sapa Kang Nandur Bakal Ngunduh', artinya Siapa Yang Menanam Pasti Akan Menuai.

Diakhir sambutan, Soegiharto menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Pati dan Pimpinan DPRD Kabupaten Pati yang telah memfasilitasi terselenggaranya pengukuhan ABPEDSI sehingga berjalan sukses.

Adapun susunan Pengurus DPD ABPEDSI Kabupaten Pati masa bakti 2021 - 2026, yaitu 

Penasehat :

1. Soponyono, S.Ag, MM 

2. Sujadi

Ketua :

Soegiharto, AMa.Pd

Wakil Ketua :

Sholikin

Sekretaris :

Purwoko, SH

Wakil Sekretaris :

Anna Markhamah AW, SP

Bendahara : 

Cahyo Suprapto, SP

Wakil Bendahara :

Sunaryo, SH

Kepengurusan juga dilengkapi divisi, antara lain 

Divisi Pemerintahan

Divisi Organisasi dan Kaderisasi

Divisi Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat 

Divisi Advokasi dan Perlindungan Hukum

Divisi Kesejahteraan dan Usaha

Divisi Sosial, Politik dan Budaya

Divisi Diklat dan Litbang

Divisi Humas / Kerjasama antar Lembaga

Divisi Pemuda dan Olahraga

Divisi Keagamaan

Serta 5 koordinator wilayah, yaitu

Koordinator eks Kawedanan Pati

Koordinator eks Kawedanan Juwana

Koordinator eks Kawedanan Kayen

Koordinator eks Kawedanan Jakenan

Koordinator eks Kawedanan Tayu

(RM. Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.