ANGGOTA DPR RI HARMUSA OKTAVIANI GELAR SOSIALISASI DAN EDUKASI UMKM

Sosialisasi dan Edukasi : Peran Perbankan Terhadap Pertumbuhan UMKM di Masa Pandemi Covid-19.




Anggota DPR RI Harmusa Oktaviani, SE dan Kabid UMKM Dinkop dan UMKM Kabupaten Pati, Hendry Kristyawan, SE; MM selaku narasumber.



Pati, RadarMuria.Com                  Anggota DPR RI, Harmusa Oktaviani menggelar Sosialisasi dan Edukasi kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Kabupaten Pati.

Acara dengan tema Peran Perbankan Terhadap Pertumbuhan UMKM di Masa Pandemi Covid-19 ini berlangsung di New Merdeka Hotel Pati, Sabtu (18/12).

Selain Harmusa Oktaviani, narasumber lainnya yang dihadirkan yaitu Kabid UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati dan Bank Mandiri Pati. Sedangkan narasumber dari Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah menyampaikan paparannya melalui virtual.

Harmusa dalam keterangannya menyebut, kegiatan ini adalah yang terakhir di tahun 2021 oleh pihaknya bekerja sama dengan Bank Indonesia.

"Kegiatan ini yang terakhir di tahun 2021. Sebelumnya kegiatan serupa juga dilaksanakan di Rembang, Blora dan Grobogan", terang Harmusa, politisi asal Kota Rembang ini.

Anggota Komisi XI DPR RI itu menambahkan, di masa pandemi Covid-19 ini, hampir semua bidang usaha terdampak, namun sektor UMKM dinilai paling bisa bertahan.

"Di masa pandemi selama 2 tahun terakhir ini, sektor usaha yang masih bisa bertahan dan bisa menopang perekonomian kita adalah UMKM", tambahnya.

Sekalipun begitu, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat ini mengaku, sering mendapat keluhan dari para pelaku UMKM di daerah atas kendala permodalan dan pemasaran yang dihadapi.

Pelaku UMKM mengikuti sosialisasi dan edukasi.


"Maka kami mendorong perbankan untuk lebih dekat dengan masyarakat. Dan menyosialisasikan program ataupun produk untuk memenuhi kebutuhan permodalan UMKM", ungkap Harmusa.

Untuk persolan pemasaran, sebutnya, dapat memanfaatkan dukungan teknologi yaitu digitalisasi pemasaran melalui online.

"Namun masih ada kendala di sumber daya manusianya", ujarnya.

Dia berharap, sosialisasi dan edukasi tersebut, dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan UMKM.

"Sehingga UMKM dapat tumbuh dan berkembang pesat, tentu dengan dukungan pemerintah", tandas Harmusa Oktaviana.

Kabid UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati, Hendry Kristyawan menyambut baik penyelenggaraan acara tersebut, yang bertujuan  membantu perkembangan UMKM di Kabupaten Pati.

"Terima kasih atas penyelenggaraan sosialisasi dan edukasi yang difasilitasi oleh Anggota DPR RI Bu Harmusa Oktaviani", kata Hendry.

Menurutnya, ini momen bagus yang bisa diagendakan setiap tahun, karena pelaku UMKM masih membutuhkan bimbingan, bantuan dan dukungan dari pemerintah dan perbankan, terutama bank BUMN.

"Kami pun selalu memberi sosialisasi, edukasi dan motivasi pada masyarakat untuk berwirausaha. Semoga UMKM tetap bertahan di masa pandemi ini", harap Hendry Kristyawan.

(RM. Usman : /Guz Heru)



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.